Cara Menyampaikan Pendapat yang Baik

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Cara Menyampaikan Pendapat yang Baik - Kemerdekaan mengemukan pendapat di muka umum adalah hak asasi manusia yang dijamin oleh UUD 1945 dan Deklarasi Universal HAM. Sementara Kemerdekaan setiap warga negara untuk mengemukakan pendapat di muka umum merupakan perwujudan demokrasi dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Namun demikian Hak mengemukakan pendapat di muka umum harus dilaksanakan secara bertangung jawab sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Salah satu forum atau tempat menyampaikan pendapat adalah melalui sebuah diskusi. Dengan melakukan diskusi, maka berbagai pendapat yang kita miliki dapat disampaikan. Dalam sebuah diskusi pendapat yang muncul mungkin akan datang dari beberapa peserta, dengan banyaknya pendapat yang muncul tersebut, maka akan muncul atau ditemukan sebuah gagasan dan juga pikiran pokok dari topik yang sedang didiskusikan.

Cara menyampaikan pendapat yang baik dalam diskusi tentu juga harus diketahui oleh peserta diskusi tersebut. Untuk hal tersebut, maka pada tulisan ini akan disajikan beberapa poin penting yang harus diketahui, yaitu tentang cara menyampaikan pendapat yang baik dan benar.

Berikut adalah 9 hal yang harus diketahui mengenai cara menyampaikan pendapat yang baik, khususnya dalam sebuah forum diskusi yang tengah Anda lakukan:

1. Sampaikan pendapat dengan kata yang sopan.
2. Jika lagi ada yang berbicara jangan memotong pembicaraan.
3. Lakukan utarakan pendapat dengan dasar hati nurani dan juga akal yang sehat.
4. Berani bertanggung jawab mengenai pendapat yang di utarakan.
5. Utamakan kepentikan bersama jika mengutarakan pendapat.
6. Jangan suka memberikan pendapat yang selalu berlawanan.
7. Bisa menerima hasil keputusan dengan bersama.
8. Bisa menerima saran yang di berikan oleh rekan anda.
9. Yang terakhir memiliki besar hati mau menerima.

Demikianlah informasi sekilas mengenai cara menyampaikan pendapat yang baik dalam sebuah diskusi, semoga informasi ini dapat menginspirasi Anda untuk melakukan diskusi yang sehat, sehingga sebuah hal pokok pemikiran akan didapatkan dari topik diskusi yang tengah dibahas tersebut.