Cara Pembuatan Pupuk Kompos dari Kotoran Sapi

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Cara Pembuatan Pupuk Kompos dari Kotoran Sapi - Kompos adalah hasil penguraian parsial/tidak lengkap dari campuran bahan-bahan organik yang dapat dipercepat secara artifisial oleh populasi berbagai macam mikroba dalam kondisi lingkungan yang hangat, lembap, dan aerobik atau anaerobik. Pada tulisan ini akan dijelaskan bagaimana cara pembuatan pupuk kompos dari kotoran sapi yang tentunya akan sangat berguna untuk para pembaca semuanya.

Berikut ini adalah penjelasan secara singkat bagaimana cara pembuatan pupuk kompos dari kotoran sapi yang bisa Anda peraktekkan sendiri:

Bahan Dasar Pembuatan Kompos dari Kotoran Sapi

Pada proses pembuatan pupuk kompos yang menggunakan limbah dari kotoran sapi yang merupakan proses pengubahan limbah organik menjadi pupuk organik ini menggunakan bahan dasar kotoran sapi yaitu 80-83%, serbuk gergaji ( bisa sekam, jerami padi ) yang banyaknya berkisar 50 %, bahan pemacu mikroorganisme 0,25%, abu sekam 10% dan kalsit atau kapur 2% dan kotoran sapi 45%.

Proses Pembuatan Kompos dari Kotoran Sapi


Tempat pembuatan adalah sebidang tempat yang beralaskan tanah dan dibagi menjadi 4 bagian sesuai denagan ukuran tempat tersebut, pertama kotoran sapi diambil dari kandang dan dtiriskan selama satu minggu untuk mendapatkan kadar air mencapai kurang lebih 60%, kemudian kotoran sapi yang sudah ditiriskan tersebut dipindahkan ke suatu tempat pembuatan kompos dan di beri serbuk gergaji atau bahan yang sejenis seperti sekam,jerami dll, serta abu, kalsiat/kapur dan stardec sesuai dosis.

Selanjutnya semua bahan dasar dicampur kemudian di aduk secara merata.Setelah satu minggu ditempat pertama, tumpukkan dipindahkan ke tempat ke dua dengan cara di aduk secara merata untuk menambah suplai oksigen, pada tahap ini di harapkan terjadi peningkatan suhu hingga mencapai 70 derajat celcius untuk mematikan pertumbuhan biji gulma sehingga pupuk kompos yang dihasilkan dapat bebas dari biji gulma.

Demikianlah sekilas informasi tentang cara pembuatan kompos dari kotoran sapi yang bisa disampaikan kepada Anda. Mudah-mudahan informasi ini kiranya membawa manfaat bagi Anda yang sudah menyempatkan diri untuk membacanya. Selamat mencoba...