Puisi Chairil Anwar Tentang Ibu

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Puisi Chairil Anwar Tentang Ibu - Pada tulisan sebelumnya sudah dipublikasikan mengenai kumpulan puisi Chairil Anwar. Untuk tulisan kali ini akan dipublikasikan kembali puisi Chairil Anwar tentang ibu. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut seputar puisi Chairil Anwar tentang ibu yang dipersembahkan buat anda para pembaca semuanya.

Ibu adalah sosok penting dalam kehidupan setiap orang, termasuk dalam hal ini sastrawan besar Chairil Anwar. Keberadaan seorang ibu pada kenyataannya adalah sumber kehidupan. Puisi Chairil Anwar tentang ibu sungguh sangat menyentuh hati dan mampu menggugah setiap orang atas kenyataan bahwa ibu sangat penting bagi kehidupan kita.

Puisi Chairil Anwar tentang ibu telah memberikan satu bentuk penyadaran diri setiap orang untuk tidak menyia nyiakan keberadaan ibu dalam kehidupannya. Dalam puisi tentang ibu yang diberi judul Sendiri, seorang Chairil Anwar dengan jelas menggambarkan betapa sepi dan hampa hidupnya karena terpisah dari sang ibu. Walaupun dalam kehidupannya banyak wanita mengelilinginya, tetapi tetap saja kesepian dan kehampaan hidup menerkamnya dan membuatnya memekik ngeri menghadapi kehidupan.

Dengan kepiawaiannya bermain kata dan mempermainkan perasaan pembaca, maka puisi Chairil Anwar tentang ibu ini sungguh merupakan karya melankolis tetapi tegas. Tidak ada nada yang menggambarkan sebuah penyerahan diri, tetapi justru keyakinan atas segala hal, terkait dengan keberadaan ibu muncul sebagai keniscayaan. Chairil Anwar telah memberikan bentuk khas dari kesadaran seorang anak terhadap ibu tercinta.

Hidup Tanpa Ibu

Sebenarnya, jika kita mau mengakui secara jujur, ibu adalah lentera kehidupan. Dengan adanya ibu, maka kita dapat menjalani kehidupan ini dengan sebaik baiknya. Arahan yang diberikan ibu merupakan petunjuk hidup yang sangat berarti dan mampu menunjukkan arah yang harus diikuti dalam kehidupan ini.

Ibu adalah lentera kehidupan yang akan menjadi penyuluh jalan agar anak anaknya tidak terjebak dalam lubang ataupun batu sandungan dalam kehidupannya. Dengan keberadaan sang ibu, maka kita dapat mengetahui hal hal buruk dan baik dalam kehidupan ini. Kita dapat terhindar dari hal hal buruk dalam kehidupan ini karena segala arahan yang diberikan ibu.

Dengan sepenuh hati, ibu memberikan segala yang kita inginkan. Ibu memberikan arahan dan petunjuk berarti dalam kehidupan kita. Keberadaan ibu telah menjadikan kita mampu melangkah menjalani kehidupan tanpa tersandung ataupun terjebak, walau kehidupan bagi kita sebagai sesuatu yang sangat gelap.

Sumber Kasih Sayang

Kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang galah. Pepatah itu sudah seringkali kita dengar dalam pola kehidupan masyarakat kita. Pepatah atau peribahasa tersebut setidaknya memberikan gambaran kepada kita bahwa kasih sayang ibu untuk anak anaknya tidka berbatas, tetapi kasih sayang anak kepada ibunya sungguh sangat berbatas.

Dalam puisi Chairil Anwar tentang ibu, tertuang jelas bahwa dalam ketakutannya hanya ada satu nama yang disebutnya, yaitu ibu. Bahaya yang berasal dari setiap sudut kehidupan mendekat dan siap memangsa. Dan, begitu besarnya ketakutan yang dirasakan, maka dia hanya menyebut ibu untuk sebuah ketenangan hati.

Memang keberadaan seorang ibu dalam kehidupan seseorang sedemikian rupa sehingga ketika ibu telah tiada, maka kehidupan menjadi bertambah sepi, bertambah hampa. Dan, malam malam-pun semakin bertambah sepi dan hampa. Banyak orang yang ketakutan dan ngeri saat harus melewati malam tanpa kehadiran seorang ibu. Khususnya pada saat berada di kamar, sendirian.

Sementara, kita teringat pada saat masih kecil, ibu dengan penuh kasih sayang selalu ada di samping kita pada saat malam mulai kelam dan gelap. Suara binatang malam berkumandang dan mengisi gendang telinga. Ibu selalu datang kepada kita dan dengan penuh kasih saying menenangkan kita dari rasa takut pada malam dan kegelapan. Cerita cerita indah-pun mengalir dari bibirnya yang lincah bergerak, sementara matanya berbinar binar memberi semangat keberanian kepada kita.

Begitulah puisi Chairil Anwar tentang ibu yang sungguh sangat menyentuh hati dan perasaan kita. Puisi puisi tersebut mengingatkan kita akan pentingnya keberadaan seorang ibu dalam kehidupan kita. Dan, bagi kita keberadaan seorang ibu memang sangat penting sebab petuah mengatakan bahwa surga ada di telapak kaki ibu. Oleh karena itulah, kita harus menyayangi ibu kita dengan sepenuh hati dan selalu memberikan kebahagiaan kepadanya, sebagaimana dia memberikan kebahagiaan kepada kita saat kecil.

Demikianlah ulasan mengenai Puisi Chairil Anwar Tentang Ibu yang bisa disampaikan kepada Anda melalui tulisan ini. Semoga terhibur dan bermanfaat bagi Anda yang sudah membacanya.