Bahaya Ciuman Bagi Kesehatan

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Bahaya Ciuman Bagi Kesehatan - Banyak penelitian yang mendukung pernyataan bahwa ciuman sehat akan membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari ciuman adalah sebagai penghangat hubungan suami istri. Selain itu ciuman juga dapat meredakan stress, menenangkan jiwa, serta dapat meningkatkan daya kekebalan tubuh.

Selain banyak manfaatnya bagi kesehatan, ternyata ada juga bahaya yang ditimbulkan oleh aksi ciuman terhadap kesehatan tubuh. Saat berciuman bibir, maka terkadang akan terjadi pertukaran saliva atau air liur diantara kedua pasangan tersebut. Hal ini bisa jadi menimbulkan infeksi mononuecleosis atau paling umum dikenal dengan istilah kissing disease.

Berbagai dampak yang bisa ditimbulkan dari kissing disease, diantarnya adalah menyebabkan demam tinggi, sakit tenggorokan, pembengkakan kalenjar, amandel, dan juga menimbulkan perasaan yang lemah dan lesu.

Umumnya orang yang menderita penyakit yang diakibatkan oleh kissing disease adalah orang-orang muda, tetapi kadang terjadi juga terhadap anak-anak. Namun jika terjadi pada anak-anak biasanya tidak akan menunjukkan gejala atau gejala yang timbul sangat ringan. Orang-orang yang telah terinfeksi biasanya akan mulai menunjukkan gejala selama 4 hingga 8 minggu setelah terpapar.

Penyakit lain yang kerap menular dari aksi ciuman adalah penyakit flu. Penyakit flu biasanya ditularkan melalui kontak langsung dengan virus. Seseorang dapat saja terinfeksi flu dari tetesan air liur atau dari kontak langsung dengan skresi, yaitu cairan lendir dari hidung dan tenggorokan yang terinfeksi.

Herpes juga merupakan salah satu penyakit lainnya yang dapat tertular dari aksi ciuman. Herpes paling mudah menyebar ke orang lain ketika lesi terbentuk atau telah meletus. Virus ini bisa 'menumpahkan' (menyebar ke orang lain) dari lokasi leci bahkan ketika herpes itu telah sembuh.

Berciuman juga dapat menularkan virus Hepatitis B, meskipun darah memiliki tingkat virus lebih tinggi ketimbang air liur. Infeksi dapat terjadi ketika darah dan air liur yang terinfeksi bersentuhan langsung dengan aliran darah orang lain atau selaput lendir.

Demikianlah beberapa bahaya ciuman bagi kesehatan yang umumnya akan tertular ketika melakukan aksi ini. Meski demikian aksi ciuman yang dilakukan secara sehat, tentu akan membawa manfaat juga bagi kesehatan Anda.