Bermacam Tumbuhan yang Bisa Menghilangkan Jerawat

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Bermacam Tumbuhan yang Bisa Menghilangkan Jerawat - Jerawat adalah penyakit kulit yang umumnya diderita oleh para remaja. Tetapi tidak tertutup kemungkinan jerawat juga bisa terdapat pada orang dewasa. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Kligmann, menunjukkan hasil bahwa tidak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.

Adapun berbagai kemungkinan yang sering dianggap sebagai penyebab timbulnya jerawat adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit seseorang. Selain itu beberapa pemicu timbulnya jerawat dapat diakibatkan saat melewati masa menstruasi, dan juga akibat dari stres.

Bila tidak terlalu para, sebenarnya jerawat bukanlah sebuah hal yang terlalu menganggu. Namun bagi sebagian orang yang memiliki jerawat yang berlebihan diwajah tentu akan sangat mengganggu penampilan, dan bahkan ada yang lebih fatal bisa menyebabkan wajah menjadi rusak.

Khusus bagi jerawat yang tidak terlalu parah, maka ada beberapa macam jenis tumbuhan yang bisa dimanafaatkan untuk mengatasinya. Adapun beberapa macam tumbuhan yang bisa menghilangkan jerawa tersebut bisa Anda simak melalui tulisan berikut:

1. Mentimun

Mentimun merupakan buah yang sering dimakan mentah atau dijadikan sebagai sayur. Tetapi selain menjadi bahan makanan, mentimun juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Adapun cara menjadikan mentimun menjadi obat jerawat bisa dilakukan dengan memilih buah mentimun yang paling muda, kemudian cuci hingga bersih, lalu dipotong-potong, kemudian secara perlahan-lahan digosokkan di bagian wajah yang berjerawat.

2. Temulawak
Temulawak juga bisa digunakan sebagai obat jerawat yang terbukti manjur. Bila ingin wajah tidak ternodai jerawat, ambil satu jari rimpang temulawak, cuci bersih dan potong-potong. Rebus dengan air bersih sebanyak 4 gelas lalu biarkan mendidih hingga tinggal separuhnya. Setelah dingin, dapat disaring dan diminum (dapat ditambahkan madu). Minumlah dua kali sehari dan sekali minum sebanyak satu gelas.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga bisa dipergunakan sebagai obat jerawat. Penggunaan jeruk nipis bisa dilakukan dengan cara memilih jeruk nipis yang sudah tua lalu potong-potong sama rata. Gosokkan pada wajah yang berjerawat, sekitar 2-3 kali sehari. Atau dengan ramuan tradisional yaitu Sediakan 20 kuntum bunga melati, 2 jari asam jawa (bahasa jawa : asam kawak), 1 buah jeruk nipis. Caranya, bunga melati, asam jawa dan belerang dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Remas-remas dengan air jeruk nipis. Kemudian gosok perlahan-lahan pada wajah yang berjerawat.

4. Tomat

Untuk mengusir jerawat, pilih tomat yang sudah masak, kemudian potong-potong sama rata, setelah itu langsung dipakai untuk menggosok wajah berjerawat. Jika tekun membiasakan diri memakai buah tomat, wajah mbak anti dijamin bakal kembali berseri-seri, bebas dari jerawat.