Cara Mempercepat Menstruasi Secara Alami

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Cara Mempercepat Menstruasi Secara Alami - Menstruasi atau haid dan juga sering disebut sebagai datang bulan adalah sebuah proses fisiologis dalam tubuh seorang wanita dan hal ini akan terjadi secara berkala karena terpengaruh oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Proses ini sendiri akan terjadi pada tubuh wanita, mulai pada umur masa remaja hingga menopause.

Secara umum proses menstruasi rata-rata akan terjadi sekitar 28 hari. Tetapi hal ini tidaklah selalu terjadi untuk setiap wanita. Namun ada kalanya bisa terjadi pada 21 hingga 30 hari, dan siklus menstruasi itu sendiri akan terjadi selama 5 hari berturut-turut.

Cara Mempercepat Menstruasi Secara Alami

Kadang kala terjadi proses menstruasi yang terjadi sangat lambat terhadap seseorang wanita. Memang salah satu hal yang paling umum hal yang menyebabkan terlambat datang bulan adalah karena kehamilan. Tetapi bagi seseorang, hal ini tidaklah mutlak terjadi. Ada kalanya terlambat haid disebabkan oleh berbagai hal yang menyangkut tentang faktor kesehatan dan juga kondisi fisik seseorang.

Bagi seorang pelajar atau mahasiswa misalnya, terlambatnya datang haid bisa diakibatkan oleh karena terlalu lelah, contoh misalnya belajar yang terlalu keras dan faktor lainnya bisa disebabkan oleh faktor olah raga yang sangat kuat.

Selain itu pola makan yang tidak sehat, serta penggunaan obat-obatan tertentu juga cenderung dapat mengakibatkan terlambatnya datang bulan.

Bagi Anda yang mengalami telat datang bulan, maka ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses menstruasi secara alami tanpa menggunakan obat-obatan. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat proses menstruasi tersebut diataranya adalah sebagai berikut:

1. Olah raga secara teratur
Berolahraga ringan secara teratur adalah salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat terjadinya proses Menstruasi. Namun dalam hal ini Anda harus menghindari olahraga yang cukup berat, sebab salah satu faktor penyebab sering terlambatnya mendapatkan menstruasi bagi sebagian orang adalah karena faktor olahraga berat yang sering dilakukannya.

2. Minum air putih yang cukup
Menghindari diri dari dehidrasi adalah hal yang perlu diperhatikan oleh seorang wanita yang ingin mendapatkan menstruasi secara cepat. Dehidrasi dapat menyebabkan priode menstruasi yang lama. Seorang wanita yang sehat, harus meminum air beberapa gelas setiap hari. Anda juga harus menghindari kafein, minuman bergula, alkohol agar proses menstruasi semakin pendek.

3. Mengkonsumsi makanan yang sehat
Mengkonsumsi makanan sehat setiap hari adalah salah satu hal mutlak dilakukan untuk mendapatkan menstruasi secara teratur dan cepat. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa makan yang mengandung cokelat, kafein, gula, daging dan susu cenderung akan menyebabkan proses menstruasi akan lebih lama.