Cara Memperkuat Sinyal Wifi pada Laptop

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Cara Memperkuat Sinyal Wifi pada Laptop - Wi-Fi atau Wireless Fidelity adalah jaringan lokal nirkabel yang awalnya dipergunakan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), tetapi pada saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet.

Saat ini begitu tinggi animo masyarakat, khususnya di kalangan komunitas internet yang menggunakan teknologi Wi-Fi, adapun alasan penggunaan Wifi begitu tinggi di Indonesia adalah faktor kemudahan akses internet untuk pengguna dalam satu area secara bersamaan tanpa harus direpotkan dengan kabel. Selain itu biaya pembangunan hotspot dan atau access point yang tergolong sangat murah, sehingga kehadiran hotspot juga kian menjamur saat ini, baik yang disediakan oleh penyedia jasa internet, bahkan orang perorangan.

Cara Memperkuat Sinyal Wifi pada Laptop

Khusus untuk tulisan ini kita akan membahas tentang bagaimana cara memperkuat sinyal Wifi pada laptop. Mengapa topik ini dipilih dengan alasan, bahwa pengakses Wifi saat ini kebanyakan adalah pengguna yang menggunakan laptop.

Adapun cara memperkuat sinyal Wifi Laptop dapat dilakukan dengan penggunaan software atau bisa juga dengan menambahkan perangkat tambahan di Laptop Anda. Untuk memperjelas cara memperkuat sinyal Wifi Laptop dari masing-masing perangkat, bisa disimak dibawah ini selengkapnya:

1. Memperkuat Sinyal Wifi Laptop dengan Software


Software yang dipergunakan disini adalah software Wireless Wizard. Untuk mendapatkan software ini secara gratis, maka Anda bisa mencarinya melalui search engine Google. Adapun fungsi dari Wireless Wizard adalah untuk mendeteksi dan meningkatkan sinyal Wifi. Jika Anda mengalami penerimaan sinyal yang sangat buruk atau sering putus-putus, maka Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk menemeukan pengaturan terbaik untuk keneksi Wifi di Laptop Anda.

Berikut adalah informasi tentang fitur-fitur yang tersedia pada Wireless Wizard:
  • Menampilkan info jaringan : Alat ini akan menampilkan informasi tentang jaringan wireless.
  • Spectrum Analyzer : Mampu menganalisa spektrum dan menunjukkan atau mendeteksi jaringan terbaik untuk mendapatkan penerimaan Wifi. Alat ini berguna bagi Anda yang mendapatkan penerimaan Wifi yang kurang baik. Dan alat ini akan memberitahu Anda dimana Laptop atau Netbook Anda harus ditempatkan untuk mendapatkan penerimaan sinyal yang lebih baik.
  • Repair IP : Dengan aplikasi ini memungkinkan untuk melepaskan alamat IP dan mendapatkan alamat IP yang baru.
  • Set IP : Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menentukan alamat IP untuk Laptop Anda.
2. Memperkuat Sinyal Wifi Laptop dengan Perangkat Tambahan

Memperkuat sinyal Wifi Laptop dengan perangkat tambahan disini maksudnya adalah perangkat yang disebut Senao Engenius EXT362, yaitu Wifi Card yang dipasang pada bagian internal Laptop Anda. Namun produk ini bukan gratisan, tetapi untuk memperolehnya, Anda harus mengeluarkan biaya pembeliannya sekitar antara Rp 180 - 250 ribu. Bagi Anda yang ingin membelinya silahkan cari saja melalui forum jual beli Kaskus.