Cara Mengobati Puting Susu Lecet

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Cara Mengobati Puting Susu Lecet - Masalah puting susu lecet sering dihadapi oleh para ibu yang sedang menyusui. Meski demikian sejauh ini makalah tentang puting susu lecet, serta artikel puting susu lecet yang mengupas tentang bagaimana cara mengatasi permasalahan ini belum banyak beredar di internet.

Memang berbagai cara mengobati puting susu lecet bisa saja langsung didapatkan melalui askeb puting susu lecet yang terdekat dengan Anda. Namun karena media informasi internet yang saat ini menyediakan berbagai ragam informasi, tentu sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai sarana mendapatkan informasi tentang penyebab puting susu lecet dan cara mengatasinya ini.

Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati puting susu lecet, khususnya bagi para ibu yang sedang menyusui bayi adalah sebagai berikut ini:

1. Penggunaan breast pad/nursing pad sangat diperlukan untuk mencegah gesekan payudara dengan pakaian. Namun hal yang perlu juga dipertimbangkan adalah pemilihan bahan yang lembu dan terhindar dari kelembaban yang berlebihan.

2. Puting susu sebaiknya terpapar pada udara sebanyak mungkin. Hal lainnya dapat juga dilakukan dengan memberikan udara hangat dibagian permukaan payudara, misalnya dengan pemanfaatan hair dryer dengan low setting.

3. Pelembab/oinment, seperti virgin coconut oil, olive coconut oil, juga sangat cocok digunakan sesaat setelah menyusui. Penggunaan pelembab ini sangat lebih cocok dibandingkan Anda harus mencucinya.

4. Untuk sementara waktu Anda disarankan untuk menyusui pada sisi payudara yang sehat. Sementara jangan dulu gunakan puting susu yang lecet untuk memberikan susu kepada bayi. Hal ini dimaksudkan agar puting susu yang lecet dapat sembuh dengan cepat dan tentu sekaligus akan mengurangi rasa nyeri.

5. Puting susu yang lecet sebaiknya jangan dicuci. Tetapi cukup hanya dengan mandi sehari-hari, maka dipastikan bagian puting yang lecet akan segera sembuh.

6. Jika luka tampak terinfeksi, membengkak, dan bernanah, atau mungkin terjadi pendarahan secara terus menerus, maka segeralah datangi dokter yang terdekat dengan Anda.