Definisi dan Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Definisi dan Pengertian Internet Menurut Para Ahli - Internet atau interconnection-networking adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan standar Internet Protocol Suite yang disingkat dengan TCP/IP yang berguna untuk melayani seluruh pengguna di seluruh dunia.

Dari sisi sejarahnya, internet merupakan jaringan komputer yang pertama kali dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui sebuah proyek yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).

Pada awal berdiri, ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja, yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah, dimana masing-masing situs ini membentuk sebuah jaringan terpadu di tahun 1969 dan yang kemudian secara umum diperkenalkan pada thaun 1972.

Definisi dan Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Untuk mengetahui pengertian internet secara ilmiah, maka baiknya kita menyimak pendapat para ahli tentang pengertian internet, dan berikut adalah kutipan dari beberapa pendapat para ahli tentang pengertian dari internet:

1. Menurut Lani Sidharta (1996): walaupun secara fisikInternet adalah interkoneksi antar jaringan komputernamun secara umum Internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi Internet adalah informasi,dapat dibayangkan sebagai suatu database atau perpustakaan multi media yang sangat besar dan lengkap. Bahkan Internet dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di internet seperti bisnis,hiburan, olah raga, politik dan lain sebagainya.

2. Menurut Drew Heywood (1996): sejarah Internet bermula pada akhir dekade 60-an saat United StatesDepartment of Defense (DoD) memerlukan standar baru untuk komunikasi Internet working. Yaitu standar yang mampu menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga mampu beroperasi didalam kondisi minimum akibat bencana atau perang.


Demikianlah beberapa defenisi dan pengertian internet menurut para ahli yang bisa disampaikan kepada Anda pada artikel yang berjudul Definisi dan Pengertian Internet Menurut Para Ahli ini. Semoga informasi ini kiranya bermanfaat bagi Anda yang sudah menyempatkan waktu untuk membacanya.