Jenis Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Jenis Makanan Yang Mengandung Asam Folat - Asam folat adalah vitami B9 yang larut didalam air. Fungsi vitamin B9 sangat baik untuk tubuh, khususnya dalam bidang pembelahan dan pertumbuhan sel tubuh. Bagi anak-anak dan orang dewasa sangat membutuhkan asam folat untuk memproduksi sel darah merah dan juga sebagai pencegah kurang darah atau anemia.

Khusus untuk wanita hamil, asam folat juga mutlak sangat diperlukan. Asupan asam folat yang ckup sebelum dan selama masa kehamilan akan mencegah timbulnya kecacatan tabung saraf pada bayi. Dengan asupan asam folat yang cukup pada masa sebelum dan selama kehamilan, maka kemungkinan timbulanya kecacatan pada tabung saraf yang disebut dengan Neural Tube Defects (NTDs) dapat diatasi.

Jenis Makanan Yang Mengandung Asam Folat


Karena begitu besarnya peranan asam folat terhadap kesehatan tubuh, maka tentu berbagai makanan yang mengandung vitamin B9 ini sangat perlu diketahui. Memang didalam kehidupan sehari-hari akan sangat mudah menemukan berbagai jenis makanan yang mengandung asam folat, mulai dari buah-buahan, sayuran dan juga telur dan susu.

Pada buah-buahan, asam folat dapat ditemukan pada buah jeruk, strawberry, pisang dan juga alpukat. Khusus untuk buah jeruk, selain dikenal sebagai buah yang banyak mengandung vitamin C, juga ternyata banyak mengandung asam folat. Dengan mengkonsumsi satu buah jeruk, maka tubuh akan mendapatkan 20 persen asupan asam folat setiap harinya.

Sementara buah strawberry hanya mengandung sekitar 7,5 persen asam folat, sehingga buah ini juga cocok sebagai bahan cemilan unutk ibu-ibu yang tengah hamil. Untuk buah alpukat juga terdapat asam folat yang mampu menangkal radikal b ebas dan menekan resiko infeksi pada tubuh, sedangkan untuk 2 buah pisang yang dikonsumsi setiap harinya, akan memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuh, sebab dari 2 buah pisang akan didapatkan kandungan asam folat sebanyak 58 mikrogram.

Pada sayur-sayuran, asam folat bisa ditemukan pada brokoli, kacang-kacangan, dan juga pada bayam. Khusus untuk sayur bayam akan diketemukan 200 mikrogram asam folat dalam 2 ikat bayam yang tersedia bisa dibeli dipasar.

Selain dari buah-buahan dan sayur-sayuran, kandungan asam folat juga bisa detemukan pada telur, gandung dan juga susu. Didalam telur kandungan asam folat terdapat pada putih telur. Sementara gandung dan susu dipercaya mengandung kandungan asam folat yang sangat tinggi.

Agar mendapatkan asupan asam folat yang cukup untuk tubuh, maka segeralah mencoba mengkonsumsi beberapa jenis buah dan sayur, serta telur dan susu seperti yang sudah disebutkan diatas. Semoga bermanfaat...