Jenis Tanaman Hias Dalam Ruangan

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Jenis Tanaman Hias Dalam Ruangan - Selaian memiliki fungsi untuk menyedapkan padangan, tanaman hias juga berguna untuk memberikan kesegaran. Bila pada tulisan terdahulu sudah dibahas mengenai jenis tanaman hias jenis tanaman hias outdoor yang berfungsi untuk menyejukkan udara pada bagian luar rumah, maka kali ini akan dipublikasikan jenis tanaman hias dalam ruangan atau jenis tanaman hias indoor yang akan berguna memberikan kesejukan dan pemandangan yang indah didalam ruangan rumah atau kantor Anda.

Adapun jenis-jenis tanaman hias yang cocok ditempatkan didalam rungan terdiri dari beberapa jenis tanaman, diantaranya adalah:

1. Anthurium

Secara umum Anthurium dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu anthurium daun dan anthurium bunga. Anthurium daun memiliki daya pikat terutama dari bentuk-bentuk daunya yang istimewa. Sementara anthurium bunga lebih menonjolkan keragaman bunga yang dihasilkan dari hibrid maupun spesies.

Anthurium termasuk jenis tanaman evergreen atau tidak mengenal masa dormansi. Umumnya tanaman ini hidup secara epifit dan menempel di batang pohon. Dapat juga hidup secara terestrial di dasar hutan. Khusus untuk sebagai tanaman hias didalam ruangan, maka Anthurium bisa juga ditempatkan pada pot dengan media tumbuh tanah atau lapukan kayu.

2. Begonia
Begonia adalah tanaman yang berbunga abadi yang masuk dalam klasifikasi Begoniaceae. Tanaman ini biasanya tumbuh secara terestial dan kadang-kadang menjadi epifit pada iklim lembat dikawasan subtropis dan tropis di Amerika Selatan dan Tengah, Afrika dan Asia selatan.

Saat ini Begonia banyak dikembangkan menjadi tanaman hias didalam ruangan. Terbukti dengan keindahan bunganya yang abadi membuat tanaman ini menjadi salah satu tanaman favorit yang dijadikan sebagai tanaman penghias ruangan.

3. Spathiphyllum

Spathiphyllum merupakan genus dari sekitar 40 spesies tanaman berbunga monokotil yang digolongkan kedalam keluarga Araceae. Tumbuhan ini berasal dari daerah tropis Amerika dan juga Asia Tenggara. Salah satu spesies Spathiphyllum yang paling umum dikenal dan sering dijadikan sebagai tanaman penghias ruangan adalah jenis Spath atau Peace Lilies.

4. Anggrek

Anggrek adalah salah satu tanaman hias yang dikenal dengan beragam jenis dan tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika. Kebanyakan anggota suku ini hidup sebagai epifit, terutama yang berasal dari daerah tropika.

Sebagai tanaman penghias ruangan, anggrek dapat ditanam didalam pot dan ditempatkan didalam ruangan. Anda juga bisa membaca lebih lanjut tentang cara menanam anggrek di pot yang sebelumnya sudah dipublikasikan di blog Berita Terhangat.

5. Adiantum

Adiantum atau yang umum dikenal dengan nama Suplir adalah tumbuhan paku-pakuan yang tidak menghasilkan bunga dalam daur hidupnya. Perbanyakan generatif Adiantum biasanya dilakukan dengan spora yang terletak pada sisi bawah daun bagian tepi tanaman yang sudah dewasa.

Meski tidak menghasilkan bunga, tetapi keberadaan daun Adiantum yang menarik, membuat tanaman ini sering dijadikan sebagai tanaman hias didalam ruangan.

Demikianlah 5 jenis tanaman hias didalam ruangan yang patut Anda kembangkan. Meski masih banyak jenis tanaman lainnya yang dapat dijadikan sebagai tanaman penghias ruangan, tetapi khusus untuk artikel ini, penulis hanya menyertakan 5 jenis tanaman diatas.