Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda - Pada tulisan terdahulu sudah dipublikasikan mengenai cara menjaga kehamilan muda, dimana pada tulisan tersebut sudah disingguh bahwa salah satu poin yang terpenting untuk menjaga kesehatan ibu hamil muda adalah dengan memperhatikan makanan.

Meski sudah ada dijelaskan sedikit tentang memperhatikan makanan yang sehat untuk dikonsumsi ibu hamil muda. Tetapi hal-hal penekanan apa saja makanan yang sehat untuk dikonsumsi ibu hamil muda belum begitu secara luas dijelaskan.

Untuk menunjang agar ibu yang sedang mengandung muda tetap dalam keadaan sehat, maka faktor makanan yang dikonsumsi merupakan hal yang mutlak diperhatikan. Oleh sebab itu, maka perlu diketahui makanan yang sehat untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil muda.

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda


Dalam usia kandungan yang cenderung masih sangat muda atau trimester pertama merupakan waktu yang rentan bagi janin. Faktor nutrisi yang masuk kedalam tubuh ibu akan sangat menentukan perkembangan janin yang ada didalam kandungan. Berikut ini adalah beberapa daftar sumber nutrisi pilihan yang baik dikonsumsi oleh ibu untuk menambah ekstra nutrisi bagi Anda dan jabang bayi.

1. Daging
Bagi Anda yang selama ini tidak terlalu suka dengan daging, maka kini Anda wajib menyelingi menu makan Anda dengan daging. Salah satu sumber protein hewani dan juga sebagai sumber vitamin B12, B6, dan niacin bisa didapatkan melalui konsumsi daging. Hal baik yang didapatkan dari sumber nutrisi ini adalah sangat baik untuk membantu perkembangan otak dan fungsi kognitif janin. Anda bisa mencampuran daging dengan saus pasta, atau di dalam burger.

2. Yoghurt
Ada kalanya ibu yang sedang hamil alergi mual ketika meminum susu. Jika hal ini terjadi pada Anda, maka cobalah menggantinya dengan yoghurt. Karena yoghurt mengandung protein, kalsium, vitamin B dan juga zinc. Kalsium dalam yoghurt cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan susu. Apabila Anda kurang suka dengan yoghurt tawar, Anda bisa menambahkan potongan buah pisang, berries, kurma, ataupun buah kering. Campuran buah dengan yoghurt juga enak untuk dibuat smoothies.

3. Brokoli
Brokoli merupakan sumber nutrisi yang banyak mengandung folate, serat, kalsium, lutein, zeaxanthin, serta karotenoid yang baik untuk membantu perkembangan penglihatan. Potassium juga membantu tekanan darah Anda dalam kondisi normal. Sajikan brokoli sebagai syuran pendamping atau sebagai camilan dengan cara ditumis dengan olive oil.

4. Kacang-kacangan
Jenis kacang-kacangan seperti lentil, chickpeas, kacanghijau, kacang merah, kedelai hingga kacang tanah menjadi sumber serat , protein, zat besi, folate, kalsium, dan juga zinc. Mineral-mineral tersebut amat diperlukan untuk tumbuh kembang janin di trimester pertama.

5. Berries
Dalam jenis keluarga berries seperti strawberry, blueberry, dan raspberry terdapat banyak kandungan vitamin C, potassium, folate, serta, dan juga antioksidan yang tinggi. Selain itu akan ditemukan juga kandungan phytonutrien yang terdapat di dalam buah berries dan ini semua bermanfaat untuk menjaga sel tubuh si ibu dan calon buah hati dari kerusakan.