Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil - Mengkonsumsi buah yang cukup untuk ibu yang sedang mengandung atau hamil memang sangat disarankan. Salah satu buah yang layak dipertimbangkan sebagai konsumsi tambahan yang sangat cocok bagi ibu hamil adalah buah apel. Dari sebuah penelitian baru yang dipublikasikan baru-baru ini menunjukkan bahwa perempuan yang mengkonsumsi buah apel selama masa kehamilan dapat melindungi janin dalam rahim dari penyakit asma dan mengi.

Dalam penelitian tersebut, peneliti dari Belanda dan Skotlandia yang dipimpin oleh S. M Willers dari Universitas Utrecht telah mencoba memantau kebiasaan makan dari 2.000 wanita hamil dan memeriksa kesehatan paru-paru anak-anak yang dilahirkan setelah usia 5 tahun mereka. Pada usia 5 tahun, sekitar 162 anak mengalami mengi dan sebanyak 145 anak didiagnosis memiliki penyakit asma.

Dari berbagai jenis makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil, apel adalah buah yang menunjukkan hubungan protektif yang konsisten dengan terjadinya mengi dan asma pada anak, menurut laporan oleh tim peneliti bahwa jurnal kesehatan Thorax dan diterbitkan secara online pada April 5, 2007. Willer dan koleganya mencatat hasil penelitian ini sebagai penemuan baru.

Mereka menemukan bahwa wanita hamil yang mengkonsumsi lebih dari 4 apel per minggu memiliki seorang bayi yang memiliki risiko 37% lebih rendah dari riwayat mengi dan 53% lebih rendah terhadap asma, dibandingkan anak yang ibunya makan satu apel per minggu atau tidak sama sekali. Hubungan spesifik hanya ditemukan dalam apel, tetapi tidak berlaku bagi buah jeruk, jus buah, dan sayuran. Hal ini menunjukkan efek spesifik dari apel yang mungkin disebabkan oleh kandungan flavonoid fitokimiawi seperti yang telah menunjukkan manfaat positif bagi fungsi paru-paru orang dewasa.

Dengan hasil penelitian ini, tentu manfaat buah apel untuk ibu hamil memang sangat bermanfaat. Sehinga kesimpulannya bagi ibu hamil, cobalah untuk selalu mengkonsumsi buah apel ketika Anda sedang dalam keadaan hamil yang tentunya akan bermanfaat mengurangi resiko penyakit mengi dan asma terhadap bayi Anda kelak.