Tips dan Cara Mendapatkan Anak Kembar

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Tips dan Cara Mendapatkan Anak Kembar - Memiliki anak kembar mungkin adalah idaman bagi sebagian suami istri. Namun karena berbagai penelitian yang selama ini dipublikasikan media selalu menyatakan bahwa kehadiran anak kembar hanya tergantung faktor genetik dan keturunan, maka mungkin keinginan Anda untuk mendapatkan anak kembar sudah ditutup tanpa ada usaha lain yang dilakukan untuk mendapatkannya.

Sebenarnya ada beberapa cara dan trik yang bisa dilakukan untuk mendapatkan anak kembar. Adapun hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan anak kembar tersebut bisa Anda simak seperti penjelasan-penjelasan berikut ini.

Tips Mendapatkan Anak Kembar

1. Hamil Diatas Usia 30 Tahun

Dari berbagai penelitian membutkikan bahwa pada wanita yang sudah mencapai umur lebih 30 tahun berpeluang untuk memiliki kehamilan ganda atau kembar. Ovulasi menjadi hiperaktif sesaat sebelum terjadi monopause. Peluang ovarium yang melepas lebih dari satu sel telur menjadi lebih besar diantara umur 35 hingga 45 tahun. Anda bisa mencoba hamil pada masa ini bila ingin mendapatkan bayi kembar, namun perlu diperhatikan juga bahwa hamil pada usia diatas 30 tahun sangat beresiko untuk sang ibu dan bayi.

2. Hamil Saat Masih Menyusui

Banyak ilmuawan berpendapat bahwa saat menyusui akan meningkatkan ovulasi. Jika Anda hamil ketika masih menyusui bayi Anda, maka kesempatan untuk hamil kembar akan meningkat.

3. Diet Sehat

Diet yang dilakukan secara sehat dapat membantu meningkatkan peluang untuk konsepsi (pembuahan). Dengan meningkatnya peluang konsepsi, maka peluang untuk hamil kembar juga semakin besar.

4. Badan Gemuk

Wanita yang memiliki badan gemuk berpeluang memiliki anak kembar yang lebih tinggi. Namun hal ini mungkin bukan salah satu cara sehat untuk mendapatkan anak kembar.

5. Bayi Tabung

Banyak selebriti yang melakukan cara ini untuk mendapatkan anak kembar. Cara ini juga tergolong cara yang paling umum untuk mendapatkan bayi kembar, yaitu dengan menjalani perawatan kesuburan atau bayi tabung.

Cara Mendapatkan Anak Kembar dengan Nutrisi

Selain 5 cara mendapatkan anak kembar diatas, maka hal lain yang mempengaruhi peningkatan peluang memiliki anak kembar bisa juga dicoba dengan bantuan nutrisi. Beberapa nutrisi yang bisa membantu mendapatkan anak kembar bisa disimak sebagai berikut ini:

1. Karbohidrat kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, kacang-kacangan dan sayuran adalah makanan yang sangat baik jika ingin mengalami kehamilan kembar. Nutrisi ini dapat meningkatkan ovulasi tanpa memicu kenaikan insulin.

2. Asam folat

Penelitian telah mengaitkan konsumsi asam folat dengan kelahiran kembar. Makanan seperti kacang-kacangan, bayam dan buat bit adalah makanan kesuburan yang baik karena kaya akan asam folat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh tim Australia menemukan bahwa kemungkinan memiliki anak kembar meningkat sebesar 40 persen pada wanita yang banyak mengonsumsi makanan atau suplemen asam folat ketika mencoba untuk hamil.

3. Ketela

Orang-orang suku Yaruba di Nigeria dilaporkan memiliki tingkat kelahiran kembar yang tinggi. Sebuah studi mengungkapkan bahwa konsumsi ketela yang tinggi dalam pola dietnya ikut berperan besar.

Ketela masuk dalam keluarga umbi-umbian, yang merupakan sumber fitoestrogen dan progesteron. Kehadiran bahan kimia ini dapat membantu hiper-ovulasi. Orang yang mengonsumsi ketela liar telah dilaporkan memiliki tingkat kelahiran kembar tinggi.

4. Produk susu

Produk susu seperti susu, mentega dan keju dapat juga membantu Anda memiliki anak kembar karena mengandung banyak kalsium. Kalsium tidak hanya bertanggungjawab untuk kesehatan tulang, tetapi juga sistem reproduksi yang sehat.

Menurut Dr Gary Steinman, seorang dokter di Long Island Jewish Medical Center, wanita yang memiliki konsumsi tinggi produk susu memiliki lima kali lebih banyak kesempatan untuk memiliki anak kembar dibanding wanita yang tidak mengonsumsinya.