Contoh Invoice

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Contoh Invoice - Pengertian invoice adalah dokumen yang digunakan sebagai pernyataan tagihan yang harus dibayar oleh customer. Secara sederhana Invoice dapat juga diartiken sebagai faktur atau BON. Untuk transaksi dengan nominal yang kecil, invoice digunakan langsung sebagai dokumen atau tagihan. Sementara pada perusahaan dengan nominal transkasi yang lebih besar, trankasi biasanya dilengkapi dengan surat tagihan atau kwitansi.

Sebuah perusahaan umumnya memerlukan invoice. Tetapi kadang kala bila klien tidak memerlukan detail jasa yang dibayarkanya maka cukup memakai kwitansi saja. Dalam pembuatan invoice ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu diantaranya:
  • Invoice dapat dibuat sesuai dengan barang yang telah diserahkan atau diterima dengan baik oleh kostumer.
  • Satu Order pembelian dapat direalisasikan dalam satu transaksi (satu kali Do/Sj) dan dapat juga direalisasikan secara bertahap (beberapa kali Do/Sj).
  • Pembuatan Invoice secara automatis akan mengupdate buku piutang dagang.
  • Dalam prosedur internal kontrol system akuntansi metode manual disarankan untuk membuat invoice di atas formulir dengan nomor urut tercetak namun dengan sistem akuntansi komputer semakin banyak perusahaan menggunakan nomor komupterisasi.
  • Dalam kontrak Order dalam jangka waktu tertentu kebijakan poin 2 tidak berlaku sehingga Invoice dibuat setiap Delivery Order telah ditandatangani oleh penerima.
Bagi Anda yang ingin melihat bagaimana contoh invoice, maka secara lengap Anda bisa melihatnya pada gambar yang dipublikasikan dibawah berikut ini. Silahkan klik pada bagian tengah gambar contoh invoice untuk memperbesar gambarnya.

Contoh InvoiceGambar: Contoh Invoice