Dampak Negatif Internet Bagi Dunia Pendidikan

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Dampak Negatif Internet Bagi Dunia Pendidikan - Perkembangan teknologi informasi, khususnya dalam bidang internet dewasa ini semakin mengalami kemajuan yang cukup pesat. Berbagai kemudahan untuk mendapatkan informasi tentu sangat dirasakan, seiring dengan peranan teknologi internet sebagai penyebar informasi secara real time.

Seiring dengan peranan internet sebagai sarana penyebaran informasi secara global dan dengan waktu yang sangat singkat, kini telah berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat, khususnya terhadap masyarakat dunia pendidikan. Meski demikian dunia internet yang seperti halnya dua mata pedang, dimana satu sisi memiliki manfaat yang sangat positif bagi dunia pendidikan, tetapi dalam sisi lain, internet juga ternyata memiliki dampak negatif bagi dunia pendidikan.

Apa saja dampak negatif internet bagi dunia pendidikan yang dirasakan akhir-akhir ini, khususnya di Indonesia? Berikut adalah penjabarannya secara singkat yang akan dipublikasikan kepada Anda.

Dampak Negatif Internet Bagi Dunia Pendidikan


Selain sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan, namun keberadaan internet juga tentu memiliki dampak negatif bagi dunia pendidikan saat ini. Kebebasan penggunaan internet di Indonesia dari setiap tempat yang memiliki akses jaringan internet, memungkinkan berbagai penyalahgunaan fasilitas internet kerap dilakukan, baik sebagai sarana untuk kriminalitas atau perbuatan asusila.

Beberapa oknum pelajar biasanya ada yang menjadikan internet sebagai media untuk mencari hal yang tidak mendidik, seperti halnya mencari gambar-gambar yang tidak senonoh, serta video-video yang bersifat asusila yang tentunya akan mempengaruhi jiwa dan kepribadian mereka, sehingga terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran disekolah.

Dampak negatif internet lainnya bagi dunia pendidikan adalah dimana saat ini semakin banyaknya beredar game online yang umumnya sangat digemari oleh para pelajar. Game online yang digunakan secara tepat waktu tentu tidak akan berdampak negatif, tetapi penggunaan game online yang berlebih juga dapat berdampak kepada para siswa yang membuang-buang banyak waktu hanya bermain game, sementara lupa akan kegiatan belajar, bahkan kebiasaan bermain game online yang berlebihan juga akan berdampak bagi kesehatan para pelajar yang setiap harinya harus menghabiskan sebagian besar waktu hanya untuk bermain game online.

Penggunaan game online yang secara berlebihan yang dilakukan oleh para pelajar juga akan berpengaruh terhadap biaya hidup yang semakin mahal terhadap seorang pelajar. Dengan semakin lama bermain game online, tentu biaya koneksi internet yang harus dibayarkan juga akan semakin besar dan bukan tidak mungkin bagi para pelajar yang kebanyakan bermain internet lewat rental atau warnet, akan kehabisan banyak uang ketika harus bermain game online dalam waktu berjam-jam.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwasannya dampak negatif yang ditimbulkan oleh internet terhadap dunia pendidikan tidaklah begitu besar bila dibandingkan dengan manfaat yang bisa diperoleh. Artinya bila kita menggunakan secara bijak, maka internet akan sangat bermanfaat, sementara bila digunakan secara tidak bijak, maka hal yang diperoleh tentunya adalah kebalikannya. Intinya penggunaan internet yang posifit dan negatif, tentu kembali kepada orang yang menggunakannya.