Inilah Penyebab Terjadinya Kehamilan pada Wanita

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Inilah Penyebab Terjadinya Kehamilan pada Wanita - Sebagai orang awam tentu masih banyak diantara kita yang sering bertanya didalam hati, tentang apa sebenarnya yang menjadi penyebab terjadinya kehamilan bagi seorang wanita. Memang pada kenyataanya orang hamil itu umumnya adalah seorang perempuan, tetapi beberapa tahun yang lalu dengan bantuan medis, seorang pria di Amerika Serikat juga terbukti bisa hamil.

Dalam tulisan ini yang akan dibahas bukanlah tentang seorang pria hamil, tetapi fokus atau inti yang akan dijadikan pembahasan disini adalah tentang bagaimana proses terjadinya kehamilan pada seorang wanita pada umumnya.

Secara umum, kehamilan yang terjadi pada seorang wanita diakibatkan oleh adanya pembuahan sel telur pada indung telur wanita oleh sel sperma dari seorang pria. Dalam prosesnya hal ini terjadi karena sperma masuk ke indung telur melalui saluran rahim yang terjadinya hubungan intim antara pria dan wanita.

Pada umumnya seorang wanita hanya memproduksi satu sel telur setiap bulan. Sementara pada tubuh pria sendiri dapat memproduksi sel sperma terus menerus dalam jumlah yang sangat besar. Secara umum rata-rata setiap semprotan air mani pria akan mengandung 100-200 juta sel sperma. Tetapi dari jumlah tersebut hanya satu yang akan berhasil menembus indung telur dan membuahi sel terlur. Hal ini terjadi merupakan salah satu bentuk seleksi alam untuk memilih bibit yang lebih unggul.

Apabila pembuahan ini berhasil, dari satu sel telur yang telah dibuahi dan berukuran 0.2 mm akan terus berkembang biak dan berpindah ke dalam rahim.Kurang lebih sekitar 7-10 hari setelah pembuahan, sel telur yang telah dibuahi akan masuk dan menempel di selaput dalam rahim. Dianalogikan dengan kasur, selaput dalam rahim ini tebal dan lunak sehingga bisa melindungi sel telur yang telah dibuahi. Pada tahap ini kehamilan
sudah dimulai.

Selama ini sel telur yang telah dibuahi tersebut terus berbiak dan membentuk semacam akar/rambut yang halus. Ini menyerap gizi yang terkandung dalam selaput dalam rahim sehingga bisa terus berkembang. Rambut-rambut halus ini nantinya memiliki fungsi yang sangat penting untuk janin.

Pada sekitar hari ke 5, sel telur yang telah dibuahi dan keluar dari indung telur sudah berbentuk sebagai satu garis. Pertama yang yang terbentuk adalah syaraf. Perkembangan berikutnya terbagi dua yaitu otak dan sumsum. Segera setelah ini cikal bakal organ tubuh penting seperti jantung, pembuluh darah, otot, dll sudah mulai terbentuk.

Dilain pihak plasenta (ari-ari) yang berfungsi menyelimuti janin selama proses kehamilan juga sudah mulai terbentuk. Sampai usia kehamilan 3 minggu ini janin masih belum bisa dideteksi. Pada saat ini kepala bayi kurang lebih setengah dari panjang badan, dimana badan bayi masih tampak seperti ekor saja.