Kegiatan Ekonomi Australia Mengandalkan Berbagai Bidang

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Kegiatan Ekonomi Australia Mengandalkan Berbagai Bidang -  Australia adalah salah satu negara maju yang tergabung dalam negara persemamakmuran Inggris. Negara Australia sendiri menganut sistem ekonomi pasar dengan PDB per kapita yang tertinggi dan angka kemiskinan yang rendah.

Dolar Australia adalah satuan mata uang negara ini dan mencakup beberapa beberapa negara bagian seperti Pulau Natal, Kepulauan Cocos (Keeling), dan Pulau Norfolk, juga negara-negara kepulauan Pasifik yang merdeka, yakni Kiribati, Nauru, dan Tuvalu.

Setelah penggabungan Australian Stock Exchange dan Sydney Futures Exchange pada tahun 2006, kini Bursa Efek Australia menjadi bursa saham terbesar ke-9 di dunia. Dari segi peringkat dalam Indeks Kebebasan Ekonomi tercatat pada tahun 2010, negara Australia dalam posisi ke-13 di dunia dalam urutan ekonomi terbesar di dunia. Sementara dari segi PBD, Australia menempati posisi ke-9 terbesar di dunia dan lebih tinggi dibandingkan Britania Raya, Jerman, Perancis, Kanada, Jepang, dan Amerika Serikat.

Negara Australia juga tercatat menduduki peringkat kedua dalam hal Indeks Pembangunan Manusia PBB Tahun 2010 dan menduduki peringkat pertama dalam hal Indeks Kemakmuran yang diterbitkan oleh Legatum pada Tahun 2008.

Sebagai salah satu negara maju di dunia, kegiatan ekonomi Australia mengandalkan berbagai bidang usaha, diantaranya adalah bidang pertanian, pertambangan, pariwisata, dan pendidikan.

Berikut adalah pembagian kegiatan ekonomi Australia yang mengandalkan 2 bidang secara umum, yaitu diantaranya adalah bidang industri dan pertanian.

1. Pertambangan


Kegiatan ekonomi negara Australia yang meliputi bidang pertambangan mencakup diantaranya sebagai berikut ini:

- Pertambangan Emas
- Pertambangan Bijih besi
- Pertambangan Batu Bara
- Pertambangan Gas Alam

2. Pertanian dan Peternakan

Kegiatan ekonomi negara Australia yang meliputi bidang pertanian dan peternakan mencakup diantaranya sebagai berikut ini:

- Pertanian Gandum
- Peternakan Sapi
- Perternakan Domba
- Perternakan Ayam

Pada bidang usaha pertanian, khususnya bidang peternakan negara Australia juga tercatat sebagai salah satu negara dengan produksi susu terbesar di dunia. Selain itu negara Australia juga tercatat sebagai salah satu negara dengan produksi wool terbesar.