Contoh Format Kerangka Makalah

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Contoh Format Kerangka Makalah - Pada beberapa tulisan terdahulu sudah dipublikasikan berbagai contoh makalah. Tetapi dari sekian tulisan-tulisan yang sudah pernah dibuat tersebut belum pernah satupun dibahas tentang contoh format makalah atau contoh kerangka makalah yang tentunya sangat penting diketahui untuk membuat sebuah makalah yang baik dan benar.

Pada kesempatan ini akan dipublikasikan contoh format makalah sederhana, tetapi dapat juga disebut sebagai contoh format makalah yang benar. Dengan membaca tulisan ini hingga tuntas nantinya, maka diharapkan Anda akan mampu membuat makalah, baik itu makalah tentang penelitian dan lain sebagainya.

Format penulisan makalah akan Anda lihat secara jelas pada contoh membuat makalah ini, karena susunan makalah yang baik dan benar akan dipublikasikan seperti yang bisa Anda simak dibawah ini:

Contoh Format Kerangka Makalah


Contoh kerangka makalah atau contoh format penulisan makalah yang baik dan benar secara lengkapnya bisa Anda lihat seperti yang akan dipublikasikan berikut ini:

Cover
Pada cover makalah ini, biasanya kita isi dengan beberapa keterangan, Seperti :
tugas kelompok, judul makalah yang dibuat, nama dosen pengampu, logo universitas, serta nama dan NIM sobat (atau mungkin anggota kelompok sobat)

Daftar Isi
Pada halaman ini akan berisi tentang layout dari makalah. Berisi judul dan nomor halaman setiap uraian yang ada di makalah. Seperti:

BAB I Pembahasan
A. Dasar Cinta .................................... 5
B. Psikologi Cinta ................................ 8
C. Pacaran yang Baik .............................. 12
D.

BAB II.
A.
B.
Dan seterusnya.

KATA PENGANTAR
Di halaman ini, biasanya berisi kata pengantar atau salam pembuka yang umumnya berisi tentang hal dasar pemikiran kenapa JUDUL MAKALAH yang diangkat dan dibahas dalam makalah. Akan tetapi hanya sekilas yang diakhiri dengan tanda tangan pembuat makalah.

BAB I Pendahuluan
Latar Belakang (Masukan Fakta Sekarang)
Manfaat dan Tujuan Makalah.

BAB II Pembahasan
Pengertian
Refrensi / sumber yang terkait dengan penelitian dalam makalah sobat.

BAB III Studi Kasus

Pada bab ini kita hubungkan materi makalah yang kita bahas dengan studi kasus yang ada pada zaman sekarang ( yang anda alami saat ini). Tapi biasanya hanya beberapa dosen yang memberi perintah untuk mencantumkan studi kasus ini.

BAB IV Penutup

Kesimpulan
Kesimpulan atau hal apa yang menjadi solf problem dalam makalah

Saran
Berikan beberapa saran tentang hal terkait dalam isi makalah

DAFTAR PUSTAKA
Catatan dari mana saja sumber-sumber yang anda tuliskan di makalah anda

LAMPIRAN
Lampiran berisi beberapa file pendukung makalah yang sudah dibahas. Biasanya berisi table, grafik, flowchart atau gambar skema.


Demikianlah contoh format kerangka makalah yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Jangan lupa untuk membaca tulisan terkait tentang makalah, yaitu yang berjudul Contoh Makalah Bahasa Indonesia Tentang Paragraf dan Contoh Kata Pengantar Makalah Agama. Semoga bermanfaat...