Contoh Opini dan Fakta dalam Iklan

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Contoh Opini dan Fakta dalam Iklan - Kemarin sudah dibahas tentang contoh iklan Bahasa Inggris di blog Berita Terhangat. Kali ini yang akan menjadi topik pembahasan kita adalah mengenai contoh opini dan fakta dalam iklan tersebut. Adapun tujuan untuk mempublikasikan artikel ini adalah sebagai bagian dari pembelajaran bagi kita semua agar mampu mengidentifikasi fakta dan opini dalam iklan baik di surat kabar, internet, majalah dan sebagainya.

Selain itu artikel ini juga akan memberikan pengetahuan kepada kita untuk dapat membedakan antara fakta dan opini dalam iklan diberbagai media massa.

Contoh Opini dan Fakta dalam Iklan


Seperti diketahui bahwa iklan adalah berita pesanan yang dimaksudkan untuk mendorong atau membujuk khalayak ramai agar tertarik kepada barang atau jasa yang akan ditawarkan. Iklan juga dapat diartikan sebagai pemberitahan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang akan dijual tersebut.

Iklan umunya dipasang melalui media massa, seperti halnya surat kabar, majalah, di media internet, dan juga ditempat-tempat umum.

Bagaimana sebenarnya cara kita untuk dapat menemukan sebuah fakta dan opini yang terdapat dalam teks iklan. Untuk mengetahui hal tersebut, maka simaklah sebuah contoh iklan baris berikut ini:

Dijual Cepat, Rumah tipe 48/90 di perumahan Kota Wisata -
Cluster Montreal Blok YA 15 No 15. Bebas Banjir, Kondisi
standard dan bagus. Harga 220 jt, nego. Hubungi (021)
82482136, 081288731588


Dari iklan baris diatas dapat disimpulkan sebuah informasi opini dan fakta, dimana hal tersebut dapat dilihat jelas melalui pembahasan berikut ini:

1. Informasi Berupa Opini
  • Menurut pemasang iklan lokasi perumahan itu bebas banjir (ide pemasang iklan untuk mempengaruhi pembeli).
  • Kondisi standar dan masih bagus (ukuran standar dan bagus tidak jelas, kebenarannya perlu dibuktikan).
  • Ditawarkan dengan harga 220 juta, nego (pemikiran).
2. Informasi Berupa Fakta
  • Tipe rumah yang dijual 48/90.
  • Terletak di perumahan Kota Wisata-Cluster Montreal Blok YA 15 nomor 15.
  • Nomor telepon (021) 82482136, 081288731588.
Dari analisa sederhana diatas, maka sudah terlihat beberapa contoh opini dan juga beberapa contoh fakta dari sebuah iklan baris tersebut.