Cara Mengatasi USB Device Not Recognized

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Cara Mengatasi USB Device Not Recognized - USB adalah alat penghubung untuk menyimpan data di memori eksternal pada komputer, laptop dan juga PC tablet. USB yang juga dikenal dengan istilah USB flash drive ini memiliki banyak kelebihan dengan alat penyimpan data lainnya, khususnya pada cakram flopi aau cakram padat.

Dengan ukuran lebih kecil, tetapi alat penyimpanan data ini memiliki kapasitas yang lebih besar, serta lebih dapat diandalkan karena tidak memiliki bagian pemutar seperti halnya yang terdapat pada disket.

Meski tergolong lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan alat penyimpan data lainnya, tetapi pada USB juga sering terjadi masalah yang kerap membuat jengkel para penggunanya, yaitu masalah USB device not recognized.

Pada tulisan ini akan dijelaskan berbagai cara mengatasi masalah USB device not recognized yang terjadi pada USB flash drive yang Anda, sehingga kejengkelan yang mungkin pernah Anda alami sebagai pengguna USB dapat diminimalisir ataupun dapat diatasi.

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized

Berikut adalah penjelasan secara jelas tentang bagaimana cara mengatasi USB device not recognized pada USB flash drive yang terdiri dari bebergai cara mengatasinya yang akan dijelaskan dibawah ini:

1. Restart Komputer
Cara Mengatasi USB Device Not Recognized yang paling awal bisa dilakukan dengan cara melakukan restart pada komputer Anda. Dengan merestart komputer.

2. Menggunakan System Restore
Anda bisa mengembalikan settingan komputer secara default dengan mengakses system resoter yang bisa dilakukan dengan cara mengakses "Start  > Program > Accesories > System Tool > System Restore"

3. Melepas Kabel Power Supply
Caranya dengan mematikan komputer kemudian melepas kabel power supply (listrik) yang terpasang di komputer. Kemudian tunggu satu atau dua menit dan pasang kembali kabel power supply tersebut.

4. Gunakan Microsoft Fixlt
Cara mengatasi USB Device Not Recognized lainnya bisa dilakukan bisa dilakukan dengan menggunakan Microsoft Fixlt. 
Anda bisa mengunjungi halaman Diagnose and fix Windows USB problems automatically, yang kemudian diikuti dengan langkah melakukan klik pada tombol Run Now, maka ada di download tools kecil FixIt. Setelah selesai jalankan file tersebut (memerlukan koneksi internet untuk menggunakan program ini, karena akan mengunduh file yang lebih besar dari Microsoft).

5. Uninstall USB Host Controller
Cara mengatasi USB Device Not Recognized lainnya dapat dilakukan dengan cara melakukan uninstal USB Host Controller yang dilakukan dengan langkah-langkah seperti berikut ini:   
  1. Buka COntrol Panel dan pilih Device Manager. Atau klik kanan My Computer dan pilih Properties, kemudian pilih menu Device Manager. Cara lain ketikkan Devmgmt.msc di meu Run dan klik OK, selanjutnya dari window yang muncul pilih Device Manager   
  2. Pilih "Universal Serial Bus Controllers" ( biasanya terletak di bagian paling bawah), dan klik dua kali untuk melihat tampilan seperti berikut:   
  3. Klik kanan dari daftar yang ada kata-kata "Host Controller" kemudian pilih Uninstall. Lakukan satu persatu, ingat yang ada kata "Host Controller" saja, kecuali ada masalah dengan port USB lainnya (sesuai dengan di daftar yang ada)   
  4. Setelah selesai Restart, maka Windows akan otomatis melakukan installasi ulang driver USB di komputer
Demikianlah beberapa cara mengatasi USB Device Not Recognized yang bisa segera Anda lakukan. Jangan lupa lihat juga tulisan menarik di blog ini, yaitu tentang Cara Memperbaiki Keyboard Laptop dan Cara Uninstall IDM. Selamat mencoba...