Cara Menggunakan Twitter Bagi Pemula

Posted by Berita Terhangat 8 komentar
Cara Menggunakan Twitter Bagi Pemula - Twitter sering juga disebut-sebut sebagai salah satu situs jejaring sosial. Tetapi sebagian orang sering juga menyebut Twitter sebagai situs mikro bloging. Memang ada benarnya juga bila Twitter disebut sebagai situs jejaring sosial, karena konsepnya memang bisa menjalin persahabatan melalui media ini, tetapi tidak ada salahnya juga bila disebut sebagai situs mikro bloging, karena konsep ngeblog dengan tulisan minim hanya 140 karakter juga bisa dilakukan.

Secara umum keberadaan Twitter memang memiliki perbedaan dengan Facebook, dimana di Twitter Anda tidak akan menemukan sistem pertemanan secara murni yang diusung oleh Facebook. Bila di Facebook terkenal dengan istilah pertemanan, maka di Twitter Anda hanya akan menemukan istilah Following dan Followers.

Cara Menggunakan Twitter


Pada kesempatan ini akan dipublikasikan kepada Anda cara menggunakan Twitter bagi pemula, dimana tulisan ini juga sebenarnya sudah pernah ditulis dengan versi lain dengan judul cara main Twitter di blog Berita Terhangat. Adapun cara bermain Twitter dapat Anda pelajari dengan mengikuti tahapan demi tahapan yang akan dipublikasikan berikut dibawah ini:

cara menggunakan twitter

1. Memiliki Akun Twitter
Syarat utama agar Anda bisa menggunakan Twitter adalah memiliki akun Twitter sendiri. Anda bisa mendaftarkan akun Twitter Anda, ketika Anda sudah memiliki sebuah alamat email, baik email berbayar maupun email gratisan yang bisa dibuat melalui situs Yahoo ataupun Gmail.

2. Setting Profil Twitter
Setelah membuat akun Twitter, maka langkah selanjutnya adalah melakukan setting terhadap profil Twitter Anda. Tetapi untuk menggunakan Twitter sebenarnya tidaklah terlalu penting untuk melakukan langkah ini, sebab tanpa melakukan langkah ini, Anda juga sebenarnya sudah dapat menggunakan Twitter secara langsung.

Meski demikian melakukan setting profil Twitter sangat perlu Anda lakukan. Karena hal ini dapat menunjukkan karakter Anda sesunggunya di ranah dunia Twitter.

3. Mempulikasikan Twit

Twit atau tweet adalah tulisan yang Anda kirim ke Twitter. Atau bila pada Facebook istilah twit dapat juga diartikan sebagai status. Dalam hal ini Anda dapat mengirimkan langsung tulisan ke Twitter dengan jumlah tulisan tersebut tidak lebih dari 140 karakter.

4. Berdiskusi di Twitter
Untuk melakukan diskusi melalui Twitter, maka Anda bisa membuat hastag (#) pada setiap twit yang Anda buat. Misalnya ketika Anda ingin berdiskusi seputar seseorang artis, maka diakhir tulisan twit Anda, Anda bisa menambahkan hastag tertentu misalnya '#artisindonesia'.

5. Istilah-Istilah dalam Twitter
Berikut ini akan dipublikasikan berbagai istilah-istilah dalam penggunaan Twitter. Istilah-istilah pengguaan Twitter ini sangat perlu Anda ketahui agar mempermudah Anda untuk memahami cara menggunakan Twitter.

- Followers: adalah sebutan bagi orang yang mengikuti kita dan akan menerima setiap pembaharuan yang kita dilakukan. Followers beda dengan Friends di facebook, dimana followers tidak bisa menulis sesuatu di profil kita.

- Followings: followings adalah orang yang kita ikuti dalam twitter. Ini merupakan kebalikan dari follower, kita akan menerima setiap update orang yang kita ikuti.

- Re-Tweet: yang sering disebut dengan RT adalah menulis ulang tweet orang lain dalam profile kita sendiri dan biasanya diikuti dengan nama orang yang membuat tweet. Re-Tweet yang disingkat,juga bisa kita berikan sedikit komentar.

Contoh: Bila seseorang yang telah Anda ikuti dengan alamat Twitter @berita_hangat membuat twit dengan kata-kata "aku cinta kamu", maka Anda bisa melakukan Re-Tweet twit tersebut yang bentuk penulisannya adalah sebagai berikut "Aku juga cinta kamu RT @berita_hangat: aku cinta kamu"

- Trending Topics
: adalah topik yang sedang hangat di antara pengguna Twitter se-dunia. Biasanya trendingtopics ini akan muncul dan selalu di update pada halaman twitter kita.

- Direct Message: atau disingkat dengan DM adalah pesan pribadi teman kita (followers) kepada kita. Ini seperti PM (private message).

- Tanda @: tanda @ adalah mem - tag atau mengkhususkan tweet kepada salah satu teman yang kita beri tanda. Tanda @ juga menunjukkan kepemlikian akun di twitter.

Contohnya: @berita_hangat berarti akun twitter dengan alamat Berita Terhangat dan bisa diakses melalui http://twitter.com/berita_hangat.

Demikianlah artikel tentang cara menggunakan Twitter bagi pemula ini. Bagi teman-teman yang masih kebingungan menggunakan Twitter meskipun telah membaca artikel diatas, maka penulis juga dalam kesempatan ini mengundang Anda untuk berdiskusi secara langsung tentang cara menggunakan Twitter malalui kolom komentar yang sudah dibuka dibawah tulisan ini. Selamat mencoba...