Cara Menyimak Informasi dengan Baik

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Cara Menyimak Informasi dengan Baik - Informasi adalah sebuah pesan yang berupa ucapan atau ekspresi dan juga kumpulan pesan yang terdiri dari simbol yang bermakna dan dapat ditafsirkan arti dari kumpulan pesan-pesan tersebut. Pesan juga dapat direkam atau ditransmisikan, hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang.

Terkait dengan informasi ini, maka pada akhir-akhir ini sering juga kita dipertemukan dengan selogan "siapa yang menguasi informasi, maka dia akan menguasai dunia". Tentu Anda yang membaca pernyataan tersebut bisa bersikap kontra dan bisa juga bersikap mendukung. Tetapi slogan tersebut tidak juga bisa dikatakan keliru. Mengapa? Karena dengan sebuah informasi yang didapat, seseorang bisa langsung mengambil sebuah keputusan yang tepat, sehingga hal ini dapat memuluskan sebuah tujuan dan cita-cita yang berbuah keberhasilan.

Cara Menyimak Informasi dengan Baik

Dengan ilustrasi yang sudah dipaparkan diatas, maka tentu disini peranan informasi memang sangat penting bagi kehidupan seseorang. Oleh sebab itu, maka perlu juga kita pelajari bagaimana cara menyimak informasi dengan baik dan benar, agar informasi itu memang benar-benar bermanfaat, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengambil sebuah keputusan yang tepat.

Mungkin sebagian dari kita, yaitu Anda dan saya (penulis) pernah mengalami suatu permasalahan yang pelik terkait dengan informasi, dimana ketika Anda membaca buku misalnya, maka dari buku-buku yang telah Anda baca setebal 500 halaman atau lebih itu Anda tidak menemukan sesuatu yang berarti. Begitu juga ketika Anda menyimak sebuah informasi dari media Koran atau Televisi misalnya, maka mungkin jadi hal-hal penting yang hendak disampaikan melalui informasi tersebut tidak dapat Anda serap intisarinya secara baik.

Lalu bagaimana seharunya cara yang harus dilakukan untuk mendapatkan sebuah informasi penting dari berbagai media yang ada? Maka tentunya hal itu haruslah ditempuh dengan cara mempelajari cara menyimak informasi tersebut dengan baik dan benar.

Adapun langkah-langkah cara menyimak informasi dengan baik dan benar agar tercapai sebuah tujuan, yaitu mendapatkan inti sari dari sebuah informasi yang kemudian dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat sebuah keputusan dapat ditempuh dengan langkah-langkah sebagai berikut ini:
  1. Perhatikan judul wacana yang akan dilisankan.
  2. Catatlah kata-kata kunci yang dianggap penting berupa frasa atau klausa.
  3. Catatlah ide-ide pokok setiap paragraf.
  4. Catatlah fakta-fakta atau data berupa angka, persentase, atau perbandingan.
  5. Uraikan kembali dalam bentuk ikhtisar berdasarkan data-data yang dicatat.
Selain dengan 5 langkah-langkah untuk menyimak informasi dengan baik diatas, maka Anda juga dapat mengemukakan informasi hasil simakan yang disampaikan dalam bentuk verbal maupun nonverbal, dimana informasi verbal berwujud  uraian, ulasan, atau penjelasan dan dapat disampaikan secara lisan maupun tulisan.

Demikianlah sekilas ulasan tentang cara menyimak informasi yang baik yang bisa dipublikasikan kepada Anda melalui postingan ini. Lihat juga tulisan terkait yang juga penting untuk Anda ketahui, yaitu tentang Cara Menyampaikan Pendapat yang Baik yang sudah pernah dipublikasikan sebelumnya di blog ini.