Contoh Gejala Alam Abiotik

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Contoh Gejala Alam Abiotik - Dalam mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar (IAD) ada pelajaran khusus tentang gejala alam. Adapun gejala alam tersebut terdiri dari gejala alam biotik dan gejala alam abiotik. Bila pada tulisan terdahulu sudah dipublikasikan tentang contoh gejala alam biotik, maka pada kesempatan kali ini akan dibahas kembali tentang contoh gejala alam abiotik.

Sebelum mempublikasikan contoh gejala alam abiotik tersebut, maka terlebih dahulu akan dipublikasikan terlebih dahulu tentang apa sebenarnya pengertian dari gejala alam abiotik ini. Adapun pengertian dari gejala alam abiotik adalah merupakan hal-hal yang berkaitan dengan sifat fisik dan kimia di luar makluk hidup.

Contoh Gejala Alam Abiotik

Setelah mengetahui tentang pengertian gejala alam abiotik diatas, maka berikut ini akan dipublikasikan berbagai contoh gejala alam abiotik kepada Anda. Adapun contoh-contohnya terdiri dari:

1. Hujan

Hujan adalah salah satu contoh gejala alam Abiotik yang terjadi karena adanya proses kondensasi uap air di atmosfer menjadi butir air yang cukup berat dan kemudian jatuh kepermukaan bumi.

2. Pelapukan

Pelapukan adalah proses alterasi dan fragsinasi batuan dan material tanah yang disebabkan karena proses fisik, kimia dan biologi. Hasil dari pelapukan ini merupakan asal dari batuan sedimen dan tanah.

3. Erosi

Erosi adalah peristiwa pengikisan padatan pada sedimen, tanah, batuan, dan partikel lainnya yang terjadi karena adanya transportasi angin, air atau es, karakteristik hujan, creep pada tanah dan material lain di bawah pengaruh gravitasi, atau oleh makhluk hidup semisal hewan yang membuat liang, dalam hal ini disebut bio-erosi.

Contoh Sifat Gejala Alam Abiotik

Setelah mengetahui beberapa contoh gejala alam abiotik diatas, maka berikut ini akan dipublikasikan pula kepada Anda tentang contoh sifat gejala alam abiotik yang secara lengkapnya bisa dilihat dibawah ini:

1. Wujud
Semua benda abiotik dapat dibedakan wujudnya, yaitu padat, cair, dan gas.

2. Bentuk
Semua benda abiotik memiliki bentuk yang dapat kita gunakan untuk mengenalinya.

3. Warna
Selain bentuk, warna juga bisa menjadi sifat gejala alam abiotik, sehingga dapatdibedakan dengan yang lainnya.

4. Ukuran
Ukuran benda abiotik dapat berupa ukuran panjang, berat, volume, suhu, dansebagainya.

5. Bau
Gejala alam abiotik dapat dicirikan berdasarkan baunya, misalkan zat belerangmempunyai bau yang berbeda dengan air kotor.

6. Rasa
Beberapa benda abiotik dapat diketahui berdasarkan rasanya, yaitu manis, asam ataunetral.

7. Tekstur
Benda abiotik dapat juga dikenali dari teksturnya, yaitu halus atau kasarpermukaannya.

Demikianlah artikel contoh Gejala Alam Abiotik ini kami sampaikan kepada Anda. Mudah-mudahan contoh diatas juga dapat dijadikan sebagai penyusun makalah contoh gejala alam abiotik yang saat ini sedang Anda persiapkan. Semoga bermanfaat...