Contoh Paragraf Induktif

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Contoh Paragraf Induktif - Pada tulisan terdahulu sudah dipublikasikan tentang Contoh Paragraf Deduktif dan pada postingan kali ini akan dipublikasikan pula contoh paragraf induktif kepada teman-teman semuanya.

Sebelum contoh paragraf induktif ini dipublikasikan, maka alangkah lebih baiknya, jika terlebih dahulu kita bahas mengenai pengertian dari paragraf induktif itu sendiri. Adapun pengertian dari paragraf induktif adalah paragraf yang dimulai dengan pernyataan-pernyataan tentang pendapat, sementara kesimpulan dari topik yang dibahas akan dipaparkan pada akhir paragraf.

Contoh Paragraf Induktif

Setelah mengetahui tentang pengertian paragraf induktif diatas, maka berikut ini akan dipublikasikan contoh paragraf induktif yang terdiri dari contoh paragraf induktif generalisasi dan contoh paragraf induktif sebab akibat.

Contoh Paragarf Induktif Generalisasi
Setelah karangan anak-anak kelas 3 diperiksa, ternyata Ali, toto, Alex, dan Burhanmendapat nilai 8. Anak-anak yang lain mendapat 7. Hanya Maman yang 6, dan tidak seorang pun mendapat nilai kurang. Boleh dikatakan, anak kelas 3 cukup pandai mengarang.

Contoh Paragraf Induktif Sebab Akibat
Era Reformasi tahun pertama dan tahun kedua ternyata membuahkan hasil yang membesarkan hati. Pertanian, perdagangan, dan industri, dapat direhabilitasi dan dikendalikan. Produksi nasional pun meningkat. Ekspor kayu dan naiknya harga minyak bumi di pasaran dunia menghasilkan devisa bermiliar dolar AS bagi kas negara. Dengan demikian, kedudukan rupiah menjadi kian mantap. Ekonomi Indonesia semakin mantap sekarang ini. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila mulai tahun ketiga Era Reformasi ini, Indonesia sudah sanggup menerima pinjaman luar negeri dengan syarat yang kurang lunak untuk membiayai pembangunan.

Demikianlah postingan tentang contoh Paragraf Induktif ini disampaikan kepada teman-teman semuanya. Semoga informasi yang disampaikan kiranya bermanfaat bagi Anda, dan nantikan juga tulisan-tulisan lain yang tidak kalah menarik tentang contoh paragraf-paragraf lainnya, hanya di blog Berita Terhangat.