Cara Membuat Email di Yahoo

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Cara Membuat Email di Yahoo - Email atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi surat elektronik adalah sarana mengirim dan menerima surat melalui jaringan internet. Selain mengirim bentuk surat, melalui email juga memungkinkan untuk mengirim dan menerima berbagai bentuk berkas, baik berupa audio, video, dan gambar.

Agar dapat mengirim dan menerima email, maka hal yang diperlukan adalah sebuah alamat email, baik yang berbayar atau disebut juga dengan istilah email premium, dan juga email gratis. Seseorang yang memiliki alamat email premium dapat memilih alamat email yang unik, berupa nama sendiri (contoh: namakamu@namakamu.com), sementara bila memilih layanan email gratis biasanya tidak dapat memilih alamat email secara bebas.

Cara Membuat Email


Yahoo merupakan salah satu situs terbesar di dunia yang menyediakan fasilitas email gratis dengan jumlah space yang besar. Dengan memanfaatkan layanan email gratis dari Yahoo, memungkinkan pengguna dapat mengirim dan menerima berkas dalam kapasitas yang lumayan besar. Selain itu email Yahoo juga sangat mudah digunakan, serta akses lamaan situs ini juga tergolong sangat cepat.

Bagi Anda yang sudah siap untuk membuat email melalui situs Yahoo, maka berikut ini akan dijelaskan tahap demi tahapan tentang cara membuat email di Yahoo. Dalam penjelasan tahapan-tahapan membuat email di Yahoo ini, juga akan dilengkapi dengan gambar untuk mempermudah Anda dalam pembuatan email. Berikut adalah cara membuat email di Yahoo selengkapnya:

1. Kunjungi situs mail.yahoo.com
Setelah alamat situs diatas Anda kunjungi, maka akan terlihat tampilan gambar seperti berikut ini:

cara membuat email di yahoo

2. Klik tombol "Create New Account" yang dilingkari warna merah pada gambar diatas.
Maka akan muncul formulir pengisian seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

cara membuat email di yahoo bagian kedua

3. Kemudian isi data-data pada formulir pengisian tersebut, sebagai berikut:

- My name is (bagian Firs Nama, isi dengan nama awal kamu, dan pada bagian Last Name isi dengan nama akhir kamu)

- Pick a Yahoo! ID (bagian ini adalah mengisi alamat email kamu, misalnya isi dengan 'berita_terhangat' yang nantinya akan menandakan bahwa alamat email kamu adalah berita_terhangat@yahoo.com).
Catatan: Dalam pengisian alamat email ini perlu dipastikan bahwa alamat email yang akan Anda isi belum dimiliki oleh orang lain. Apabila alamat email yang Anda isi telah dimiliki oleh orang lain, maka Anda tidak akan bisa lagi mendaftarkan alamat email tersebut.

- Pick a password (bagian ini diisi dengan password yang kamu tentukan sendiri, yaitu kombinasi gabungan huruf dan kombinasi angka dan karakter, misalnya 'berita123*$%' yang menyatakan bahwa password email kamu adalah 'berita123*$%')

- Retype password (pada bagian ini isi sama persis seperti yang Anda isi pada bagian Pick a password diatas)

- I was born on ( Disini Anda harus mengisikan bulan kelahiran Anda pada 'select month', tanggal lahir pada bagian 'DD' dan tahun kelahiran pada 'YYYY')

- My Gender (Isi dengan jenis kelamin Anda)

- Language ( Isi dengan Bahasa yang menurut Anda sesuai, boleh Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia, dan juga bahasa-bahasa lain yang Anda kuasai)

- Country (Isi dengan negara Anda, misalnya Indonesia)

- Mobile phone (Anda bisa mengisi bagian ini dengan nomor ponsel Anda, tetapi Anda juga dapat mengabaikan isian ini bila memang tidak diperlukan)

- Alternatif email (Bagi Anda yang baru saja membuat email, maka Anda bisa mengabaikan isian ini, tetapi bagi Anda yang sudah memiliki email, maka Anda juga bisa memasukkan alamat email yang lama disini)

4. Klik tombol warna kuning "Create my account", dan kemudian akan terlihat formulir pengisian selanjutnya seperti yang terlihat pada gambar berikut:

cara membuat email di yahoo bagian ketiga

5. Kemudian isi data-data pada formulir pengisian tersebut, sebagai berikut:

- Secret Question 1 (Pilih salah satu pertanyaan yang diajukan, misalnya "what is the first name of your favorite uncle?")

- Your Answer (Pada bagian ini isi sesuai dengan jawaban pertanyaan diatas, misalnya "paman gober"

- Secret Question 2 ( Seperti halnya dengan isian Secret Question 1, maka kamu juga harus memilih salah satu pertanyaan yang diajukan, misalnya "What was your favorite food as a child?")

- Your Answer (Isi juga bagian ini sesuai dengan pertanyaan pada Secret Question 2, misalnya "sate padang")

- Type the code shown above (pada bagian ini silahkan isi dengan kode yang ada pada gambar, contoh untuk gambar diatas bisa Anda lihat kodenya adalah "MGuTV4rGy" yang dilingkari warna merah)

6. Bila Anda telah tepat mengisi sesuai dengan data-data yang dibutuhkan pada formulir pendaftaran diatas, maka selamat Anda sudah berhasil membuat alamat email, atau lihat juga seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:

cara membuat email di yahoo bagian keempat

7. Klik "Get Startet" Untuk memulai menggunakan email Anda.

Hal Yang Perlu Diingat

Ketika Anda sudah berhasil membuat sebuah alamat email, maka hal-hal yang perlu selalu Anda ingat adalah sebagai berikut:

1. Alamat email
Alamat email adalah hal yang mutlak harus Anda ingat, karena akan dibutuhkan saat membuka kembali email Anda suatu saat nanti, selain itu alamat email juga akan diperlukan ketika Anda hendak mengirim email kepada seseorang dan menerima email dari seseorang. Sebagai contoh alamat email adalah (berita_terhangat@yahoo.com) atau lihat cara membuat email pada nomor 3 bagian kedua diatas.

2. Password
Password juga sangat mutlak Anda ingat, hal ini juga diperlukan saat Anda akan membuka email Anda suatu saat nanti.

3. Secret Question 1 dan Secret Question 2 juga perlu Anda ingat, hal ini akan dibutuhkan suatu saat nanti, ketika Anda lupa dengan password email Anda.

Demikianlah cara membuat email di Yahoo yang bisa kami publikasikan kepada Anda pada kesempatan ini. Pada kesempatan berikutnya akan diupayakan juga untuk membuat artikel lanjutan tentang email, yaitu mengenai cara menggunakan email. Semoga bermanfaat...