Cara Membuat Jus Kulit Manggis

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Cara Membuat Jus Kulit Manggis - Jus kulit buah manggis saat ini sering menjadi perbincangan terkait dengan segudang manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Berbagai manfaat jus kulit manggis yang saat ini sering disebut-sebut, diantaranya adalah menghambat proses penuaan, mencegah penyakit pembuluh darah, dan juga dapat mengobati penyakit kanker.

Karena begitu besar manfaat jus kulit manggis untuk kesehatan, maka tentu diantara Anda banyak yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat jus kulit manggis yang baik dan benar, sehingga khasiatnya untuk mengobati berbagai penyakit juga akan efektif.

cara membuat jus kulit manggis

Sebenarnya sekilas tentang cara membuat jus kulit manggis agar menjadi obat sudah pernah dibahas melalui postingan yang berjudul Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Obat di blog Berita Terhangat. Namun meski demikian dalam artikel kali ini akan diperjelas lagi bagaimana sebenarnya pembuatan jus kulit manggis ini secara benar dan tepat.

Cara Membuat Jus Kulit Manggis


Berikut ini akan dipaparkan 3 cara mudah membuat jus kulit manggis. Adapun berbagai cara pembuatan kulit manggis menjadi jus tersebut secara lengkap bisa Anda lihat dibawah ini:

1. Mengkerok bagian dalam kulit manggis dan di blender
Cara pertama pembuatan jus kulit manggis dapat dilakukan dengan cara mengkerok bagian dalam kulit manggis dengan sendok, dan hasil kerokan tersebut kemudian di blender. Dalam hal ini Anda bisa mengambil 1-3 buah kulit manggis, kemudian kerok bagian kulitnya dan diblender.

Untuk mengurangi rasa pahit dan sepat, maka Anda bisa menambahkan madu atau gula merah secukupnya. Saat memblender anda bisa menyesuaikan air dengan banyaknya kulit manggis. Semakin banyak kulit manggis yang dipakai, maka akan semakin pekat warnanya dan rasanya juga akan semakin sepat. Pastikan bagian yang hitam atau getah kuning tidak terkena kerok, karena hal ini akan membuat jusnya akan terasa pahit.

2. Menggunakan air rebusan kulit manggis menjadi jus

Bila Anda merasa tidak tahan dengan rasa jus kulit manggis yang terlalu sepat dan pahit, maka sebagai alternatif Anda bisa merebus kulit manggis terlebih dahulu, kemudian gunakan air rebusan untuk menjadi bahan jus.

Dalam hal ini Anda bisa mengambil 3-5 kulit manggis, kemudian rebus. Banyaknya air yang digunakan bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda. Rebuslah kulit manggis hingga airnya mendidih dan agak berkurang.

Air rebusan kulit manggis bisa digunakan sebagai air untuk membuat aneka jus buah. Air rebusan kulit manggis juga bisa langsung diminum dan dalam hal ini Anda bisa menambahkan madu atau gula aren untuk mengurangi rasa sepat.

3. Membuat jus kulit manggis yang sudah dikeringkan
Ada kalanya Anda sudah mengkeringkan terlebih dahulu kulit manggis. Hal ini umumnya dilakukan untuk menghindari kekurangan bahan baku kulit manggis. Adapun cara membuat jus kulit manggis yang sudah kering dapat dilakukan dengan mencuci terlebih dahulu kulit manggis yang sudah kering tersebut, kemudian di rebus. Air rebusan dapat langsung diminum, atau dapat juga dijadikan sebagai air untuk membuat jus seperti cara yang sudah dijelaskan pada bagian kedua diatas.

Demikianlah berbagai cara membuat jus kulit manggis yang bisa disampaikan kepada Anda melalui tulisan kali ini. Semoga informasi ini kiranya bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba...