Cara Mencari Jodoh yang Baik dan Tepat

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Cara Mencari Jodoh yang Baik dan Tepat - Jodoh adalah orang yang menjadi pasangan hidup, baik sebagai istri dan juga sebagai suami dan telah dipilih karena dianggap telah memiliki kecocokan antara satu dengan yang lainnya. Orang yang telah resmi menjadi suami dan istri yang terikat tali perkawinan kemudian akan terlepas dari kedua belah pihak orang tua dan bersatu untuk membangun rumah tangga yang baru.

Pada umumnya pasangan yang telah melangsungkan pernikahan merasa bahwa mereka telah berjodoh antara satu dengan yang lain, tetapi beberapa diantara pasangan tersebut kemudian akan bercerai karena berbagai alasan, dan salah satu alasannya adalah karena pernikahan tersebut dianggap tidak ada lagi kecocokan.

Tentu perceraian yang terjadi karena berbagai faktor dan alasan merupakan hal yang tidak diinginkan oleh sebagian besar pasangan. Oleh sebab itu perlu kiranya diketahui tips mencari jodoh yang baik dan tepat, sehingga ketika melangsungkan pernikahan dikemudian hari, pasangan suami istri yang telah terikat perjodohan tidak akan terpisahkan lagi oleh sebuah perceraian.

Tips Mencari Jodoh

Berikut ini adalah tips mencari jodoh yang baik dan tepat yang pernah dikemukanan oleh dr. Nurcahyo Adikusumo dalam sebuah acara 'Titik Terang' yang ditayangkan oleh stasiun tv ANTV.

1. Kosentrasi Melakukan Perubahan Diri

Bila Anda ingin mendapatkan jodoh, maka Anda harus berkonsentrasi bukan kepada orang yang harus Anda pilih, tetapi kosentrasilah dengan melakukan perubahan diri ke arah yang lebih baik.

2. Jangan Terlalu Berharap

Ada pepatah lama yang mengatakan bahwa tidak ada seorangpun manusia yang sempurna. Hal ini juga berlaku dalam mencari jodoh, dimana Anda harus memastikan diri agar tidak terlalu mengharapkan seseorang untuk menjadi seperti yang Anda harapkan. Namun dalam hal ini Anda harus melihat bagaimana Anda dapat menempatkan diri terhadap terhadap orang lain.

3. Berani Mengambil Resiko
Berani mengambil resiko yang dimaksudkan disini adalah dalam hal membina rumah tangga. Meski Anda belum memiliki pasangan hidup, tetapi Anda harus tetap dapat memposisikan diri untuk selalu siap dan berani menanggung segala resiko ini.

4. Jauhi Traumatik Masa Lalu
Anda harus membuang traumatik masa lalu yang kerap Anda jadikan sebagai patokan, sehingga tidak memberikan solusi ke arah yang lebih baik dalam diri Anda saat ini.

5. Mencari Soulmate Sebanyak Mungkin
Mencari soulmate sebanyak-banyaknya juga merupakan salah satu langkah tepat yang bisa Anda lakukan. Dengan mencari soulmate sebanyak-banyaknya, maka kemungkinan silaturahminya juga akan semakin baik.

6. Jangan Pernah Menilai Orang Lain
Hal yang perlu Anda lakukan dengan segera adalah melepaskan diri dari ego, khususnya dalam menilai orang lain, memberi label, dan berkesimpulan kepada seseorang. Dalam hal ini Anda perlu mengetahui bahwa jodoh adalah ridho dari Yang Maha Kuasa semata, manusia hanya wajib berikhtiar tetapi Yang di Atas yang menentukan segalanya.

7. Jangan Khawatirkan Usia
Anda juga sebaiknya tidak perlu terlalu mengkhawatirkan usia. Meski Anda harus menikah di usia berapapun, tetapi selagi Anda masih mau mempertanggungjawabkan pernikahan itu kepada Yang Kuasa dan pasangan, maka hal itu tidak akan menjadi masalah.

8. Berdoa
Teruslah berdoa, karena doa merupakan proposal kita kepada Yang Kuasa. Jangan pernah berprasangka buruk terhadap Tuhan yang telah mengatur segala jalan kehidupan Anda.

Konsep Mencari Jodoh

Setelah membaca tips mencari jodoh yang telah dikemukakan dalam 8 bagian penting diatas, maka berikut ini akan disajikan pula kepada Anda konsep mencari jodoh yang tentunya sangat perlu juga untuk Anda ketahui.
  1. Konsep jodoh adalah soulmate atau belahan jiwa.
  2. Banyak orang sering melupakan konsep jodoh yaitu melakukan perubahan dan saat menerima perubahan.
  3. Pada saat mencari jodoh sering melihat secara fisik saja, sehingga tidak mendorong seseorang mencari pasangan hidup sesuai dengan apa yang diidamkan.
  4. Orang menikah sebaiknya terkonsep bukan sekedar mencari keturunan semata tapi lebih untuk meningkatkan amal ibadah.
Demikianlah sekilas informasi tentang cara mencari jodoh yang bisa dipublikasikan kepada Anda pada kesempatan kali ini. Lihat juga tulisan terkait tentang tips mencari jodoh secara Islami yang sudah dipublikasikan sebelumnya di blog Berita Terhangat. Semoga bermanfaat...