Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Obat

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Obat - Kulit manggis mangandung anti oksidan yang sangat tinggi, sehingga dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit, serta dapat memperbaiki insulin yang rusak dalam tubuh. Selain itu kulit buah manggis juga dipercaya berguna untuk menghambat proses penuan, dan sangat efektif untuk menurunkan gula darah.

Karena begitu besar manfaat kulit manggis bagi kesehatan, maka sangat penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara mengolah kulit manggis menjadi obat, sebab keberadaan buah manggis sendiri sangat mudah didapatkan diseluruh wilayah Indonesia. Tulisan tentang cara mengolah kulit manggis ini sendiri merupakan kelanjutan dari tulisan terdahulu, yaitu tentang cara mengolah daun sirsak.

cara mengolah kulit manggis

Cara Mengolah Kulit Manggis

Menurut Dr Indah Yuliasih salah seorang peneliti manggis dari Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), mengolah kulit manggis untuk obat ternyata sangat mudah. Selain bermanfaat untuk menjadi obat, pengolahan kulit manggis ini juga terbukti bisa menjadi minuman yang sangat menyegarkan untuk dinikmati.

Proses pembuatan kulit manggis menjadi jus yang akan sekaligus menjadi minuman yang berkhasiat bagi kesehatan dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Pisahkan kulit manggis dengan buahnya. Pengolahan juga bisa dilakukan dengan mengikutsertakan biji manggis yang kaya akan lemak, atau hanya sekedar kulit manggis yang mengandung Xanthone.

2. Gunakan sendok untuk mengeruk bagian kulit manggis yang sudah dibersihkan, kemudian pisahkan dari kulit keras yang berada pada bagian luarnya.

3. Dinginkan di dalam lemari pendingin bila hendak disipan hingga jumlahnya mencukupi.

4. Campurkan dengan ethanol dan air dengan perbandingan 1:2 dan hancurkan dengan blender.

5. Edapkan campuran kulit manggis dengan air dan juga ethanol yang sudah diblender. Waktu pengedapan dilakukan selama kurun waktu 24 jam.

6. Saring untuk memisahkan ampas dengan ekstrak Xanthone kulit manggis.

7. Agar rasanya enak, kemudian ekstrak Xanthone kulit manggis dapat dicampurkan dengan madu dan beri perwarna alami ekstrak bunga rosela, dan anggur atau apel sebagai penambah flavor.

8. Percampuran Xanthone dengan rosela dan madu dipanaskan dengan suhu 90-95 derajat celsius selama 10 menit untuk menguapkan ethanol. Setelah itu, dinginkan dengan suhu kamar lalu campurkan dengan flavor anggur atau apel

9. Sirup Xanthone siap untuk dinikmati dengan dicampur air.

Demikianlah langkah-langkah mengolah kulit manggis untuk dijadikan sebagai obat. Semoga informasi yang dipublikasikan melalui artikel kali ini kiranya dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba...