Cara Meningkatkan IQ Pada Anak dan Balita

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Cara Meningkatkan IQ Pada Anak dan Balita - IQ atau singkatan dari Intelligence Quotient adalah istilah dari pengelompokan kecerdasan manusia yang diperkanankan oleh Alferd Binet, yaitu seorang ahli psikologi dari Perancis pada abad ke-20. Tingkat kecerdasan seseorang, khususnya seorang anak ditentukan secara metodik oleh IQ yang memegang peranan penting dalam suksesnya anak dalam belajar.

Dari berbagai penelitian, menyebutkan bahwa IQ seseorang mulai dapat ditentukan sekitar umur 3 tahun yang bersumber dari daya tangkap dan juga garis keturunan yang dibawa dari keluarga ayah dan ibu, serta ditambah lagi dengan faktor gizi makan yang cukup. Pada umumnya IQ dianggap tidak akan berubah sampai seseorang dewasa, kecuali bila terjadi sebuah sebab kemunduran fungsi otak seperti penuaan atau kecelakaan.

Cara Meningkatkan IQ Pada Anak

Kecerdasan intelektual atau IQ sangat berkait dengan keterampilan seseorang menghadapi persoalan teknikal dan intelektual. Dalam hal ini pendidikan yang tengah dijalani seorang anak harus diupayakan agar tidak terlepas dari aspek keunggulan IQ dengan tujuan agar tercipta seorang anak yang dapat bersaing dalam bidang sains dan teknologi.

Berbagai cara meningkatkan IQ pada anak dapat ditempuh dengan berbagai langkah-langkah alamiah. Berbagai langkah dan cara meningkatkan IQ pada anak dapat dilihat secara lengkap seperti yang akan dipublikasikan berikut ini:

1. Memberikan ASI
Dari berbagai penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa air susu ibu (ASI) merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi IQ seorang anak. Selain menyediakan berbagai macam zat dan gizi, ASI juga terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan itelegensi bayi. Seorang bayi yang diberikan ASI selama sembilan bulan terbukti lebih pandai daripada seorang bayi yang hanya mengkonsumsi ASI selama satu bulan.

2. Memupuk Rasa Ingin Tau
Beberapa pakar telah mengungkapkan agar orang tua senantiasa berupaya mendorong anak untuk mempunyai pemikiran sendiri. Dengan mendorong anak untuk selalu berpikir sendiri merupakan salah satu upaya yang telah diperbuat oleh orang tua untuk mengarahkan anak pada pentingnya menuntut pengetahuan.

Menaruh perhatian yang besar terhadap minat anak, mengenalkan dan mengajarkan keterampilan baru kepada mereka setiap ada kesempatan mendidik diluar rumah, merupakan langkah baik dalam memupuk anak0anak untuk menuntut pengetahuan yang lebih luas.

3. Meningkatkan Kesehatan
Para peneliti dari University of Illinois telah membuat pembuktian tentang adanya hubungan antara kesehatan dan pelajaran anak di sekolah. Sementara itu penelitian lain dari Oppenheimer Funds malah menunjukkan bahwa olah raga berkelompok bukan saja meningkatkan rasa percaya diri, membangun spirit kebersamaan, bahkan dapat memupuk kecakapan memimpin.

4. Menolak Junk Food
Mengurangi konsumsi makanan yang berkadar gula tinggi, serta berpantang terhadap berbagai makanan berlemak tinggi dan junk food adalah hal yang dapat segera diterapkan oleh orang tua terhadap anak-anak. Orang tua sebaiknya mengupayakan agar anak-anak banyak mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi, hal ini akan meningkatkan perkembangan intelegensi dan motorik bagi anak-anak, terutama bagi bayi yang belum genap berusia dua tahun.

5. Makan Pagi
Dari berbagai penelitian ilmiah menemukan bukti bahwa seorang anak yang sarapan pada pagi hari akan memiliki ingatan yang lebih baik, serta lebih mampu berkonsentrasi dan juga mampu belajar lebih cepat.

6. Bermain Permainan Asah Otak
Upayakan agar anak-anak mencintai berbagai permainan asah otak, seperti halnya permainan catur, teka-teki, serta permainan lainnya yang dapat merangsang intelegensi. Permainan sudoku malah dapat memupuk cara berpikir yang bijaksana dan memupuk kemampuan memecahkan masalah.

7. Membaca
Membaca merupakan cara meningkatkan intelligence quotient seseorang yang paling langsung dan efektif. Membacakan cerita untuk anak, menjadi anggota perpustakaan dan menambah koleksi buku bacaan semuanya merupakan cara yang baik untuk memupuk minat membaca seorang anak.

8. Belajar Musik
Ini merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan pembelajaran otak kanan dengan santai dan mudah. Menurut hasil penelitian Universitas Toronto, pelajaran musik dapat meningkatkan intelligence quotient dan prestasi sekolah seorang anak. Bahkan semakin lama dipelajari, hasilnya semakin jelas.

Demikianlah berbagai hal yang bisa Anda lakukan dalam upaya cara meningkatkan IQ pada anak dan balita. Lihat juga tulisan terkait tentang Tips Mudah Menghafal Pelajaran. Semoga informasi ini kiranya bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba...