Contoh Berita

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Contoh Berita - Berita adalah informasi tentang sebuah kejadian yang disajikan melalui surat kabar, televisi, radio, dan juga media internet. Laporan tentang sebuah berita biasanya ditulis oleh seorang wartawan yang merupakan bagian dari laporan tentang sebuah fakta dan ide terkini dan dipilih secara sengaja oleh sebuah redaksi pemberitaan atau media.

Dalam sebuah berita harus memenuhi krateria penulisan umum, yaitu memilihi konsep 5W+1H, serta ditambah sebuah syarat penulisan berita, yaitu persyaratan bentuk. Syarat bentuk dikenal juga dengan istilah 'Piramida Terbalik', yaitu memiliki bentuk penulisan yang mirip dengan piramida mesir dengan posisi terbalik.

Contoh Berita


Berikut ini akan dipublikasikan beberapa contoh berita kepada Anda, dimana contoh berita ini terdiri dari berbagai jenis berita, baik berita kecelakaan, berita kriminal, dan juga contoh berita dalam bahasa Inggris dan bahasa Sunda.

1. Contoh Berita Kecelakaan


Berikut ini adalah sebuah contoh berita kecelakaan yang berjudul "5 Mobil Tabrakan Beruntun di Tol Bekasi Barat". Berita ini bersumber dari situs Yahoo News yang dipublikasikan pada 26 Desember 2012.

Sedikitnya 5 mobil terlibat dalam tabrakan beruntun di Tol Bekasi Barat arah ke Jakarta, Rabu (26/12/2012) pagi sekitar pukul 07.00 WIB. Satu mobil pun ringsek akibat tertabrak kendaraan di belakangnya.

"Sekitar 15 menit yang lalu tabrakan beruntun di tol Bekasi Barat. satu mobil yang paling depan, sepertinya Vios, ringsek parah ditabrak Avanza," ungkap saksi mata di lokasi kejadian, Aldino.

Meski begitu, tabrakan beruntun tersebut tidak memakan korban jiwa. Lalu lintas pun lancar tidak terjadi kemacetan panjang.


"Polisi sudah banyak di lokasi," imbuh Aldi.

2. Contoh Berita Kriminal

Contoh berita yang kedua ini merupakan sebuah contoh berita kriminal yang berjudul "Polisi Bekuk Pelaku Perampokan Mobil di Sumut". Berita ini sendiri bersumber dari situs Okezone yang dipublikasikan pada 28 September 2012 yang lalu.

Kepolisian Sektor Pancur Batu menangkap dua dari empat pelaku perampasan mobil di kawasan lokalisasi, Bandar Baru, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.

Kapolsek Pancur Baru Kompol Darwin Sitepu mengatakan, penangkapan berawal dari laporan korban ke kantor polisi karena mengetahui mobilnya dilarikan para pelaku. Setelah itu korban dan tim dari kepolisian langsung turun dan menangkap dua pelaku sedangkan dua lagi melarikan diri, namun identitasnya sudah diketahui.

Dia menjelaskan, kedua tersangka yang ditangkap yaitu Susanto Suton alias Tono (38) dan Riko (36) sedangkan dua tersangka lagi D (35) dan D (46) berhasil melarikan diri. "Keduanya ditangkap saat akan melarikan mobil korban," katanya.

Modus yang digunakan pelaku untuk merampas mobil dan truk milik korban Roni Humbanggaol (33), warga Desa Stanmal Sumupagata, Sidikalang dan Jhonson (40), warga Laucin, Medan Tuntungan dengan cara membius para korbannya pada saat berada di penginapan lokalisasi, Bungalow Ananda, Berastagi.

Saat dilakukan pemeriksaan terhadap kedua tersangka, Susanto mengaku kelompoknya biasa merampas mobil jenis Toyota Avanza dan kemudian menjualnya di kawasan AH Nasution, Medan Johor dengan harga Rp18 juta.

Menurut Susanto, aksi perampasan dengan obat bius sudah sering dilakukan dan hingga saat ini sudah puluhan mobil berhasil di rampas dari pemiliknya. "Kami biasa menjual untuk jenis Avanza dengan harga 18 juta sedangkan truk Colt Diesel Rp120 juta," akunya.

Data yang dikumpulkan Okezone, peristiwa berawal pada saat ke empat pelaku bertemu dengan korban Roni dan Jhonson di Sidikalang, Kabupaten Humbang Hasundutan dengan tujuan ingin menyewa mobil untuk mengangkat barang-barang yang ada di Medan dan meminta mereka (korban) untuk menjemputnya.


3. Contoh Berita Bahasa Inggris

Berikut ini adalah sebuah contoh berita dalam Bahasa Inggris yang berjudul "Indonesia to build drone squadron this year" yang dipublikasikan oleh The Jakarta Post pada 3 Janwari 2012.

Research and Technology Minister Gusti Muhammad Hatta said that the country would build a drone squadron in 2013 for surveillance and reconnaissance missions, funded by the Defense Ministry.

The development of the drone squadron is one of the main objectives of this year's National Technology Awakening Day.

The drone squadron will also be able to create artificial rain, according to the minister.

"The drone squadron will be able to create artificial rain. It can also be used to monitor active and dormant volcanoes, illegal fishing and logging activities,” Gusti said on Thursday as reported by Antara news wire, adding that the Defense Ministry will provide the funds.

The Ministry will work closely with the National Institute of Aeronautics and Space (LAPAN) and the Agency for Assessment and Application of Technology (BPPT) to build the drone squadron.

"LAPAN has built one small drone, while BPPT has developed three different sizes of drones: small, medium and large," he said.

Gusti pointed out that his ministry was developing the technology to manufacture tanks.

"We have built an Armored Personnel Carrier [APC]. Now, we want to develop tanks.”


Demikianlah berbagai contoh berita yang bisa dipublikasikan kepada Anda melalui artikel ini. Lihat juga artikel terkait tentang contoh berita acara yang sudah dipublikasikan sebelumnya melalui blog Berita Terhangat. Semoga bermanfaat...