Mencari NISN SD, SMP, dan SMA

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Mencari NISN SD, SMP, dan SMA - NISN adalah singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional, yaitu sistem layanan pengelolaan nomor induk bagi seluruh siswa secara nasional yang dilakukan oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas di Indonesia. Pengelolaan NISN ini merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional.

Dengan menerapkan sistem layanan NISN, sehingga seluruh data nomor induk siswa telah dimasukkan dalam sebuah sistem komputerisasi secara terpusat dan dapat diakses secara online karena telah disesuaikan dengan suatu Standar Pengkodean yang diterapkan.

Mencari NISN Online

Bagi Anda yang ingin mencari NISN secara online, baik NISN SD, NISN SMP, dan juga NISN SMP, maka hal tersebut sebenarnya memiliki proses yang sama dan tidak dibeda-bedakan. Proses pencarian NISN sendiri sebenarnya sudah pernah juga dibahas di Blog Berita Terhangat, tepatnya pada tulisan yang berjudul Cara Mencari NISN, tetapi pada saat ini kembali lagi akan dipublikasikan kepada Anda tentang cara mencari NISN yang paling terbaru.

Adapun tahapan-tahapan yang bisa Anda lakukan untuk mencari NISN secara online di internet adalah sebagai berikut ini:

1. Silahkan mengunjungi situs yang berlamat di http://nisn.data.kemdiknas.go.id/Siswa/Data
2. Kemudian silahkan pilih pada tab "Pencarian berdasarkan Nama", dan akan terlihat tampilan situs seperti pada gambar berikut ini:

cara mencari nisn

3. Setelah tampilan seperti gambar diatas muncul di komputer Anda, maka kemudian silahkan mengisi data-data yang diperlukan, seperti "Nama Siswa", "Tempat Lahir", dan "Tanggal Lahir", dan kemudian silahkan klik tombol "Cari", maka hasilnya akan terlihat seperti yang terlihat pada gambar berikut:

hasil pencarian nisn

Catatan Hasil Cari NISN

Perlu dicatat ketika Anda sudah melakukan langkah-langkah diatas dengan benar, tetapi NISN Anda tidak ditemukan, maka ada kemungkinan telah terjadi berbagai masalah terkait NISN Anda. Adapun berbagai permasalahan yang mungkin saja terjadi, diantarnya adalah sebagai berikut:
  1. Data NISN Anda belum diupdate di database situs kemendiknas
  2. Data NISN Anda belum diajukan
  3. Kesalahan input data yang menimbulkan perbedaan isian data antara yang ada di database dan dengan pencarian data yang Anda lakukan.
  4. Server situs yang menampung data NISN sedang bermasalah.
NISN Tidak Muncul, Apa Yang Harus Dilakukan?

Bagi Anda yang mengalami kegagalan disaat mencari NISN secara online, maka langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan menanyakan langsung kepada pihak sekolah, baik langsung kepada Kepala Sekolah, atau pihak yang ditunjuk sebagai petugas operator di sekolah Anda.

Demikianlah sekilas tentang catatan cara mencari NISN, baik bagi siswa SD, NISN untuk siswa SMP, dan juga untuk siswa SMA yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi singkat kali ini kiranya dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba...