X Factor Indonesia

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
X Factor Indonesia - X Factor adalah salah satu acara pencarian bakat yang berasal dari Inggris dan diciptakan oleh Simon Cowell dan dibuat untuk mengganti acara Pop Idol yang sebelumnya juga sudah pernah populer di seluruh dunia dan termasuk di Indonesia dengan konsep Indonesian Idol. Saat ini X Factor juga telah diadakan di berbagai negara dan termasuk di Indonesia dengan julukan X Factor Indonesia.

X Factor Indonesia sendiri tayang di stasiun televisi RCTI dan memiliki 4 orang juri yang terdiri dari Ahmad Dhani, Anggun, Bebi Romeo, dan juga Rossa. Acara X Factor Indonesia sendiri tayang secara perdana di RCTI semenjak 28 Desember 2012 lalu.

ajang pencarian bakat x factor indonesia


X Factor Indonesia

Dari situs resminya, disebutkan bahwa ajang X Factor Indonesia merupakan ajang kompetisi bernyanyi dengan batasan yang sangat luas. Semua penyanyi dengan usia minimal 15 tahun, hingga penyanyi dengan usia tanpa batas, dengan kategori baik solo maupun group vocal memiliki kesempatan yang sama untuk mewujudkan mimpi menjadi bintang dunia.

Adapun audisi X Factor Indonesia berlangsung di 10 kota besar Indonesia yang diantaranya adalah di kota Medan, Bandung, Padang, Balikpapan, Manado, Makassar, Surabaya, Yogyakarta, dan juga di Jakarta.

Dari segi kompetisi, X Factor Indonesia memiliki perbedaan dengan ajang pencarian bakat bernyanyi lainnya. Perbedaanya adalah dimana para kontestan tidak hanya bernyanyi di depan 4 orang juri utama, tetapi juga akan disaksikan oleh ribuat penonton secara langsung. Adapun peranan penonton disini adalah sebagai juri ke-5 yang dapat mempengaruhi keputusan para juri utama.

Untuk para kontestan yang lolos dari tahap audisi akan berhak untuk melanjutkan ke tahap Boot Camp. Pada tahapan ini kontestan akan dibagi menjadi 4 kategori, yaitu Solo pria dengan usia 5-24 tahun, Solo wanita usia 15-24 tahun, Solo pria/wanita usia 25 tahun ke atas dan Grup.

Untuk masing-masing kategori akan dimentori oleh seorang juri utama. Dalam hal ini kompetisi yang berlangsung bukan cuma hanya diantara para kontestan. Tetapi para juri juga otomatis ikut berkompetisi, saling berusaha menjadikan kontestan mereka yang terdepan hinggalolos ke babak final.

Juri X Factor Indonesia

Berikut ini adalah profil juri X Factor Indonesia yang terdiri dari 4 orang, diantaranya adalah Ahamad Dhani, Anggun, Rossa dan Bebi Romeo.

1. Ahamad Dhani

Nama lahir: Ahmad Dhani Prasetyo
Tanggal Lahir: 26 Mei 1972
Pekerjaan: Penyanyi, multi-instrumentalis, pencipta lagu, komposer, produser rekaman, aransir, pengusaha
Instrumen: Vokal, gitar, kibor, drum
Tahun aktif: 1992–sekarang

2. Anggun
Nama lahir: Anggun Cipta Sasmi
Tanggal Lahir: 29 April 1974
Pekerjaan: Penyanyi, pencipta lagu, produser rekaman, filantropi
Instrumen: Vokal, piano
Tahun aktif: 1986–sekarang

3. Rossa
Nama lahir: Sri Rossa Roslaina Handayani
Tanggal Lahir: 9 Oktober 1978
Pekerjaan: penyanyi, artis
Instrumen: Vokal
Tahun aktif: 1995-sekarang

4. Bebi Romeo
Nama lahir: Virdy Megananda
Tanggal Lahir: 6 September 1974
Pekerjaan: Musisi, penyanyi, pencipta lagu
Instrumen: gitar, piano
Tahun Aktif: -

Serba-Serbi X Factor Indonesia

Meski masih dalam tahap audisi, ajang pencarian bakat X Factor Indonesia telah menimbulkan kehebohan dengan kehadiran salah satu peserta audisi pada ajang ini, yaitu Fatin Shidqia Lubis seorang pelajar SMA berusia 16 tahun yang berhasil membawakan lagu Grenade dengan baik, dimana lagu ini pernah populerkan oleh Bruno Mars.

Sejauh ini video audisi Fatin Shidqia yang di upload melalui situs berbagi video Youtube telah dilihat lebih dari 500 ribu kali dalam kurun waktu beberapa hari terakhir.