Paus Masuk Islam Hoax

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Paus Masuk Islam Hoax - Pengunduran diri Paus Benediktus XVI yang pertama terjadi semenjak dalam kurun 600 tahun terakhir telah menciptakan banyak perdebatan, baik dalam maupun di luar gereja. Berbagai berita tak sedap juga bermunculan seiring dengan pengunduran diri Paus, dan salah satunya isu yang paling mengemuka di Indonesia adalah tentang isu bahwa paus masuk Islam atau mualaf.

Isu tentang paus masuk Islam mengemuka di situs jejaring sosial, baik Facebook dan juga Twitter. Selain itu isu ini juga mengemuka di beberapa blog dan forum internet. Adapun alasan dalam isu tersebut bahwa paus telah memeluk agama Islam dikaitkan dengan sebuah foto, dimana dalam foto tersebut paus dinyatakan sedang melakukan shalat.

Selain itu ada juga olok-olok tentang paus telah melakukan pidato, dimana dalam pidatonya tersebut paus menyatakan diri telah menjadi mualaf.

Benarkah paus telah memeluk agama Islam? Dari penelusuran informasi yang dilakukan penulis blog Berita Terhangat mendapatkan jawaban bahwa isu paus masuk Islam ternyata hanyalah hoax alias kabar bohong. Seperti yang dipublikasikan blog Karo Cyber menyebutkan bahwa tidak benar bahwa foto yang disebar dan menyatakan paus sedang melakukan shalat adalah hal yang keliru.

Dari tulisan di blog Karo Cyber dengan judul Benarkah Paus Masuk Islam? tersebut disebutkan bahwa dalam foto yang disebut-sebut sedang melakukan shalat tersebut tidaklah benar. Tetapi foto tersebut adalah hasil dari capture sebuah video di Youtube, dimana yang sebenarnya adalah paus sedang melakukan kunjungan ke Masjid Biru ,Istambul Turki pada 30 November 2006 yang lalu.

Pada video tersebut Paus memang terlihat berdoa dengan bibir komat-kamit dan menundukkan kepalanya berdampingan dengan mufti dan imam masjid Biru. Pada saat berdoa itulah Paus bersedekap seperti orang shalat. Namun Paus tidak melakukan takbir, rukuk, sujud, hingga salam, hanya bersedekap sambil berdiri. Selain itu tangan kiri Paus berada di atas tangan kanan, di mana pada shalat sesungguhnya, tangan kanan di atas tangan kiri.

Selain itu isu tentang paus masuk Islam dengan alasan dari hasil Pidato juga terbukti tidak benar. Adapun Paus yang disebut-sebut menyatakan mundur dari jabatan paus dengan alasan telah memeluk agama Islam bernama Paus Yohanes Paulus II. Sementara nama paus yang mengundurkan diri baru-baru ini adalah Paus Benediktus XVI. Jadi tentu tulisan tentang pidato-pidato tersebut adalah palsu.


Video Paus Mengunjungi Masjid di Turki

Adapun Paus Yohanes Paulus II menjabat sebagai Paus semenjak 16 Oktober 1978 dan berakhir pada April 2005. Jabatan Paus Yohanes Paulus II sendiri berakhir karena yang bersangkutan meninggal dunia dan bukan karena mengundurkan diri. Sebagai pengganti Paus Yohannes Paulus II adalah Benediktus XVI yang mengundurkan diri dari kepausan pada awal Februari 2013 yang lalu.