Cara Mempercepat Koneksi Internet di Warnet

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Indonesia adalah satu negara dengan koneksi internet paling lambat diantara negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara, dimana sebanyak 13,8 persen pengguna hanya mendapat koneksi internet dengan kecepatan maksimal di bawah 256 kbps, sementara pengguna internet yang dapat menikmati akses internet broadband di Indonesia hanya sekitar 0,82 persen.

Rendahnya kecepatan akses internet di Indonesia juga dirasakan oleh pengguna warung internet atau warnet. Akses internet untuk masing-masing komputer klien yang terdapat di warnet pada umumnya telah dilimit oleh pengelola warnet tersebut agar kecepatan akses internet untuk setiap stabil.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Warnet

Melanjutkan tulisan terdahulu di blog Berita Terhangat, yaitu tentang cara buka blokir Speedy, maka pada kesempatan kali ini akan dibahas salah satu cara mempercepat koneksi internet di warnet, khususnya pada warnet yang membatasi koneksi bandwidth untuk setiap komputer kliennya.

Dalam kasus ini maka kita dapat memperbesar quota bandwidth yang sebelumnya sudah dilimit oleh pengelola warnet dengan cara merubah IP komputer klien tersebut.

Asumsi perubahan IP komputer yang akan dilakukan adalah seperti ini. Bila pada sebuah warnet ada 10 komputer klien, dan sebagai contoh ip addressnya adalah:

192.168.10.1 untuk komputer klien nomor 1 sampai dengan 192.168.10.10 untuk komputer klien nomor 10.

Pada umumnya komputer yang berada pada range IP address tersebut sudah dilimit bandwidthnya sesuai dengan yang disetting dari server operatornya, misalnya 128 Kbps untuk masing-masing klien. Dengan demikian, maka sudah barang tentu kecepatan internet yang sedang Anda gunakan pada sebuah komputer klien tidak akan bisa melebihi kecepatan 128 Kbps.

Bila hal ini terjadi maka salah satu cara mengatasinya dapat dilakukan dengan cara mengganti IP address komputer klien yang sedang Anda pakai tersebut.

Seperti yang sudah disebutkan pada contoh diatas bahwa IP address warnet adalah antara 192.168.0.1 hingga 192.168.10.10 yang berarti jumlah komputer klien adalah berjumlah 10, maka bagaimana dengan nomor IP address diluar dari range IP tersebut, misalnya 192.168.10.20? Karena nomor IP Address maksimal untuk sebuah jaringan LAN adalah sampai 254, serta tidak semua warnet memperhatikan hal ini, maka tentu mengganti nomor IP Address tentu dapat segera dilakukan.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Warnet

Dari teori yang sudah disampaikan diatas, maka dalam hal mengganti IP Address perlu Anda ketahui terlebih beberapa hal yang dirangkum dalam 6 bagian dibawah ini.
  • Kita harus mengetahui berapa banyak komputer klien yang berada di warnet tersebut.
  • Kita bisa melihat dan mengganti nomor IP Address komputer klien yang sedang kita pakai.
  • Jumlah komputer klien di warnet akan menunjukkan range IP yang digunakan.
  • Misalkan jumlah komputer klien diwarnet ada 15 dan nomor IP Address komputer klien yang kita pakai adalah 192.168.20.4. Nomor ip yang diganti adalah angka yang berada setelah tanda titik (.) terakhir. Contoh ( 192.168.20.4 menjadi 192.168.20.16). bagaiman jika jumlah komputer kliennya 30, ya tinggal kita ganti angka 4 menjadi lebih besar dari 30 asal tidak lebih dari 254, misal 32, 36, 40 atau berapapun.
  • Tips ini hanya bisa dilakuakan di warnet yang management jaringanya kurang baik.
  • Jika setelah mengganti IP tapi malah komputer klien kita tidak bisa mengakses internet, ya tinggal kita ganti seperti semula, karena berarti warnet tersebut telah membatasi untuk penggunaan nomor IP addressnya.
Cara Mengganti IP Address
  1. Pergi ke "Control Panel"
  2. Pilih "Network and Internet Connection"
  3. Pilih "Network Connection"
  4. Pada Ikon Komputer yang muncul klik kanan kemudian pilih "Properties"
  5. Kemudian akan keluar jendela Local Area Connection Properties, maka pilih pada kolom "Internet Protocol(TCP/IP)" dan klik 'Properties'
  6. Kemudian ganti IP Addressnya (Lihat Gambar Diatas)
  7. Klik OK
Demikianlah sekilas informasi tentang cara mempercepat koneksi internet di warnet. Lihat juga tulisan terkait tentang cara mencari proxy gratis yang sudah pernah dipublikasikan di blog ini. Selamat mencoba...