Tips Memilih Buah Durian yang Bagus dan Enak

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Tips Memilih Buah Durian yang Bagus dan Enak - Buah durian adalah buah tropis yang sangat banyak digemari, dikarenakan tak hanya mempunyai aroma dan rasa yang manis dan khas, tetapi buah durian juga dapat dijadikan menjadi beragam resep masakan, salah satunya yaitu kinca durian yang biasanya dimakan berbarengan dengan ketan maupun beragam kue-kue kering dan juga kue basah. Saat memilih durian yang berkwalitas memanglah dibutuhkan kecermatan apalagi keterampilan khusus. Meski demikian, anda tidak butuh jadi seorang ahli durian untuk dapat memastikan tingkat kematangan dan kualitas dari buah durian yang akan anda beli.

memilih durian bagus dan enak

Untuk menambah pengetahuan dan referensi anda mengenai langkah menentukan buah durian yang masak serta berkwalitas baik, maka pada kesempatan kali ini blog Berita Terhangat akan memberikan tips memilih buah durian yang bagus dan enak dan tentunya dapat anda gunakan ketika akan membeli buah durian. Berikut adalah tips selengkapnya.

1. Sebelum membeli durian, maka pastikan terlebih dahulu untuk mencermati sisi juring-juring yang ada pada durian. Juring yang tidak diisi daging buah umumnya membuat buah durian jadi melengkung serta tidak bulat prima dikarenakan memiliki bentuk yang asimetris.

2. Lihat dan cermati juga dengan cermat permukaan kulit buah durian, bila anda mendapatkan bekas lubang maupun bercak kehitaman pada kulit buah maka baiknya janganlah anda beli, dan cobalah untuk memilih buah durian yang lain dikarenakan kebusukan daging buah durian umumnya tidak terlampau jelas walau kulitnya terlihat tampak nyaris sempurna.

3. Pastikan bentuk buah yang tampak bulat di banding yang lonjong dikarenakan biasanya susunan buah yang bulat mempunyai juring yang lebih luas hingga daging buah didalamnya umumnya akan lebih lebar serta tidak tipis.

4. Pastikan anda membeli buah durian yang tidak dibungkus oleh daun supaya anda dapat melihat dengan jelas bila ada cacat pada buah. Disamping itu jauhi juga membeli buah durian yang kulitnya telah terbuka atau retak dikarenakan umumnya daging buah akan menjadi masam akibat durian tersebut telah terkontaminasi oleh hawa.

5. Pilihlah durian yang beraroma tajam serta menyengat. Walau biasanya durian yang sudah masak berwarna kuning, tetapi ada juga varietas durian yang masih berwarna hijau meski sudah matang. Untuk mendeteksinya, diperlukan ketajaman dari indera penciuman anda.

6. Memukul-mukul kulit luar durian juga dapat menjadi sebuah langkah penting untuk mendeteksi kematangan dari buah durian. Durian yang sudah masak umumnya mempunyai rongga di bagian dalamnya hingga pada waktu anda memukul-mukulnya gunakan gagang pisau atau dengan kuku maka dapat dihasilkan nada yang khas layaknya 'dug, dug, dug' atau 'bluk, bluk, bluk'. Bila bunyinya tidak serupa layaknya seperti itu atau bukan seperti selayaknya nada yang dihasilkan dari benda yang berongga, maka dapat dipastikan durian tersebut masih mentah.

7. Ketika sebagian metode di atas sudah anda lakukan tetapi anda tetap juga sangsi, langkah setelah itu dapat dilakukan dengan melihat tangkai buahnya. Bila tangkainya rata, maka kemungkinan buah durian tersebut dipetik sebelum saat waktunya atau dipetik pada waktu masih mentah (1/2 masak) serta diperam dalam waktu 3-5 hari agar bisa matang. Namun bila tangkainya mempunyai susunan yang tidak rata serta tampak mengering, maka besar kemungkinan durian tersebut adalah durian jatuhan yang masak di pohon serta lepas dengan alami. Buah durian yang masak dengan langkah ini pastinya mempunyai rasa yang tambah lebih enak serta lebih fresh dari pada yang dipetik pada waktu masih setengah masak.

8. Tidak hanya mengamati rata atau tidaknya tangkai durian, teknik lain untuk menentukan durian yang berkwalitas juga dapat anda lakukan dengan memperhatikan panjang pendek dan ketebalan tangkainya. Pastikan anda memilih buah durian dengan tangkai yang pendek serta tidak tipis dikarenakan umumnya akan memiliki daging buah yang semakin besar serta tidak tipis. Metode ini adalah perihal ilmiah serta logis dikarenakan tangkai yang tidak tipis serta berukuran pendek dapat mengakibatkan konsumsi makanan yang berbentuk mineral dan garam-garaman untuk buah durian sewaktu masih di pohon dapat jadi semakin banyak serta lebih intens daripada yang bertangkai panjang serta kecil.

9. Bila anda mendapatkan 2 buah durian dengan ukuran yang lebih kurang nyaris sama, maka untuk memastikan kandungan isi durian yang semakin banyak langkahnya yaitu angkat keduanya. durian yang terasa lebih ringan umumnya mempunyai kandungan daging buah yang tidak tipis tetapi berbiji kecil.

10. Pastikan buah durian dengan susunan duri semakin besar dikarenakan biasanya durian yang berduri besar serta jarang mempunyai daging yang lebih tidak tipis serta lebih kering. Sebaliknya, buah durian yang berduri halus, kecil serta rapat umumnya mempunyai struktur daging buah yang lebih basah serta lembek.

11. Hindari membeli durian dengan ukuran yang besarnya melebih 4-5 kilogram dikarenakan ukuran durian yang terlampau besar dapat menyebabkan matangnya daging buah yang tidak merata. Durian yang baik yaitu durian yang berukuran rata-rata 1,5 hingga 3,5 kilogram.

12. Bila anda sudah berhasil mendapatkan satu durian yang berkualitas bagus, maka pilihlah durian lain yang berbentuk sama. Untuk mengerjakannya anda dapat mencermati bentuk duri, tangkai, kulit maupun dari bentuk buah yang lebih kurang menyerupai atau nyaris sama juga dengan durian berkwalitas baik yang sudah anda dapatkan sebelumnya.