Contoh Karangan Eksposisi

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Contoh Karangan Eksposisi - Karangan eksposisi adalah karangan yang memaparkan, menjelaskan, menerangkan, dan menguraikan tentang sesuatu hal dengan penyampaian informasi yang sejelas-jelasnya. Ada 2 syarat paling penting ketika akan menulis karangan eksposisi, yaitu pertama harus mengetahui masalah atau persoalan yang akan ditulis, kemudian kedua harus memiliki kemampuan menganalisa persoalan secara jelas dan konkrit.

Setelah memahami kedua syarat menulis karangan eksposisi, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara tepat dalam membuat atau menulis tulisan eksposisi itu sendiri, dimana hal tersebut dapat dilakukan sebagai berikut.

1. Menetapkan Tema Tulisan
Ketika akan menulis karangan eksposisi, maka langkah paling awal yang harus dipersiapkan adalah menentukan temanya terlebih dahulu. Ketika tema tulisan sudah ditemukan, maka kemudian tema ini dikembangkan menjadi sebuah tulisan. Dalam hal ini maka tema tersebut akan menjiwai tulisan itu sendiri.

2. Menentukan Tujuan Penulisan
Setelah menetapkan tema tulisan, maka langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan tulisan. Dalam hal ini tujuan tulisan dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian penting, diantaranya adalah menjelaskan permasalahan, menerangkan permasalahan, menjelaskan dampak permasalahan, serta menerangkan apa sebab musabab dari sebuah masalah tersebut.

3. Mengumpulkan Bahan Tulisan
Pengumpulan bahan tulisan karangan eksposisi dapat diperoleh dari berbagai sumber yang ada, misalnya melalui sumber tertulis seperti buku, majalah, surat kabar, dan lain sebagainya. Selain itu pengumpulan bahan tulisan dapat juga dilakukan dengan melakukan wawancara dengan orang yang dianggap ahli.

4. Menentapkan Kerangka Tulisan
Bahan-bahan tulisan yang sudah terkumpul kemudian dirinci serta diseleksi secara cermat. Bila ditemukan bahan-bahan yang tidak menunjang tema tulisan, maka sebaiknya tulisan tersebut sebaiknya diabaikan saja.

5. Mengembangkan Tulisan
Setelah kerangka penulisan sudah dipersipakan, maka langkah selanjutnya adalah tahap pengembangan tulisan yang tentunya sudah dapat dilakukan dengan baik. Dalam hal ini yang harus diperhatikan ketika  mengembangkan karangan adalah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Gunakanlah kalimat efektif, pilihan kata yang tepat, ejaan yang benar, dan tanda baca yang tepat.

Setelah mengetahui pengertian karangan eksposisi, serta bagaimana cara penulisan karangan eksposisi yang sudah dijelaskan diatas, maka berikut ini akan disajikan kepada Anda salah satu contoh karangan eksposisi yang tentunya akan membantu Anda dalam memahami lebih lanjut mengenai karangan eksposisi itu sendiri.

Contoh Karangan Eksposisi

Judul: Kemacetan Lalu Lintas di Jalan Raya

Di banyak kota besar, kemacetan lalu lintas di jalan raya menjadi persoalan yang pelik. Sebenarnya ini merupakan yang tidak aneh. Meskipun demikian, kemacetan lalu lintas merupakan keadaan yang menjengkelkan kita sebagai pengguna jalan.

Jika diperhatikan, pada waktu-waktu tertentu lalu lintas di jalan-jalan tampak macet. Pada pagi hari, kemacetan lalu lintas mulai terasa ketika warga masyarakat mulai berangkat ke tempat mereka bekerja dan para pelajar mulai berangkat ke sekolah. Pada siang hari kemacetan lalu lintas mencapai puncaknya.

Banyak hal yang menjadi kemacetan lalu lintas. Pertama, adanya persilangan dengan jalan kereta api. Kedua, semakin banyak kendaraan yang berlalu lalang di jalan-jalan. Ketiga, banyak jalan digunakan sebagai parkir kendaraan dan sebagai tempat para pedagang kaki lima berjualan. Keempat, sering terjadi lampu lalu lintas mati. Kelima, sikap kurang terpuji pada pengemudi, seperti memberhentikan kendaraannya tidak pada tempatnya dan saling mendahului denan kendaraan lainnya. Terakhir, polisi lalu lintas tidak tampak di tempat tugasnya, apalagi jika lampu lalu lintas mati.

Dengan demikian, akibat kemacetan lalu lintas pun muncul, seperti waktu yang terbuang percuma. Selain itu, bahan bakar juga terbuang percuma. Kemacetan lalu lintas juga dapat menyebabkan polusi udara dan suara. Bahkan, dapat mengakibatkan stres yang menyerang kesehatan rohani kita.

Demikianlah tulisan tentang contoh karangan eksposisi ini kami sampaikan kepada Anda. Lihat juga tulisan terkait yang tidak kalah menarik untuk Anda baca, yaitu tulisan yang berjudul contoh majas. Semoga bermanfaat...