Resep Masakan Sambal Pecel Lele

Posted by Berita Terhangat 0 komentar
Resep Masakan Sambal Pecel Lele - Pecel lele atau pecak lele merupakan masakan khas dari daerah Jawa Tengah yang terbuat dari ikan lele goreng kering dan dicampur dengan sambal bumbu pecel. Penyajian pecel lele juga akan ditambahkan dengan sejumlah lalapan yang terdiri dari daun kemangi, kubis, mentimun, dan kacang panjang. Keberadaan pecel lele sudah sangat dikenal luas oleh seluruh masyarakat Indonesia. Makanan ini terkenal dengan keberadaanya yang murah dan meriah dan sering dijadikan sebagai masakan alternatif menggantikan masakan ayam, terutama ayam goreng.

Di beberapa daerah di Indonesia masakan pecel lele juga dikenal dengan nama-nama lain, seperti di Jember biasanya disebut pecek lele, dan di Malang disebut juga dengan istilah lalapan lele. Adapun sambal pecel lele umumnya berciri khas dengan aroma terasi, sementara untuk sayur lalapan sudah sangat umum menggunakan bahan-bahan seperti kacang panjang, timun, dan daun kemangi.

resep masakan sambal pecel lele

Berikut ini akan disajika informasi tentang resep masakan sambal pecel lele yang mungkin sedang Anda butuhkan. Secara lengkap informasi tentang resep sambal pecel lele tersebut dapat Anda simak berikut di bawah ini:

Bahan-bahan :   
  • 250 gram tomat sayur berwarna merah, bukan tomat buah yang dagingnya tebal.   
  • 3 biji cabe merah.   
  • 100 gram bawang merah ukuran sedang agar saat digoreng cepat matang.   
  • 5 siung bawang putih.   
  • Cabe rawit secukupnya.   
  • 5 butir kemiri.   
  • Gula merah secukupnya.   
  • Garam secukupnya.   
  • Penyedap rasa (vetsin) secukupnya.
Cara Membuat :   
  1. Pertama-tama, siapkan gula merah, garam, dan penyedap rasa kedalam cowet. Ulek-ulek sampai halus.   
  2. Goreng bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit dan kemiri.    
  3. Angkat dan masukkan ke dalam bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Ulek jangan sampai terlalu halus.   
  4. Goreng Tomat dalam api sedang/tidak terlalu besar, minyak harus cukup panas saat tomat dimasukkan ke wajan, api yang terlalu besar akan menyebabkan bagian luar tomat gosong sedangkan bagian dalamnya belum cukup masak, api yang terlalu kecil memyebabkan rasa sambal nantinya asam.   
  5. Jika sudah cukup matang. Angkat dan masukan ke bumbu lain. Ulek-ulek jangan sampai terlalu halus.
Demikianlah informasi tentang resep sambal pecel lele. Lihat juga informasi terkait dengan artikel kuliner di blog Berita Terhangat, yaitu tulisan tentang resep kue basah kukus. Selamat mencoba...